Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ulang Tahun Ellya Khadam 23 Oktober Jadi Google Doodle, Siapa Dia?

Ulang Tahun Ellya Khadam 23 Oktober Jadi Google Doodle, Siapa Dia?

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:57 WIB
Ulang Tahun Ellya Khadam 23 Oktober Jadi Google Doodle, Siapa Dia?

Hai otakers, sudah liat Google doodle hari ini? Ada yang menarik dari Google Doodle nih. Doodle kali ini dibuat oleh artis asal Semarang, Fatchurofi Muhammad, yang menampilkan ilustrasi Ellya Khadam dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-93. Siapakah dia?

Ellya Khadam dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktor Indonesia yang pernah berjaya di era tahun 1950-an dan puncaknya pada tahun 1960-an. Jika pernah mendengar lagu 'Boneka dari India', maka pasti tahu dengan nama Ellya Khadam. Mengutip blog Google Doodle, Ellya Khadam secara luas dianggap sebagai pelopor dangdut, genre musik rakyat populer di Indonesia yang memadukan tradisi musik lokal bersama dengan beragam gaya, seperti musik rock and roll Barat dan film India.

Ellya Khadam lahir di Jakarta pada 23 Oktober 1928. Menariknya, dia lahir dengan nama Siti Alya Husnah. Dia juga dikenal dengan nama Ellya Agus dan Ellya M Haris. Sejak kecil, dia tinggal di Kampung Kawikawi, Manggarai, Jakarta Selatan.

Selama masa remajanya, Khadam dekat dengan penyanyi gaya musik pop Malaysia yang dikenal sebagai deli. Dia mengembangkan bakat musiknya dengan meniru genre ini, yang memungkinkan Elly Khadam untuk membuat nama untuk dirinya sendiri dengan bernyanyi di pesta pernikahan dan kemudian bergabung dengan musik lokal.

Kariernya sebagai penyanyi bermula dari Orkes Melayu Kelana Ria yang dipimpin oleh Adi Karso dan Munif Bahasuan. Sejak itu, nama Ellya Khadam mulai naik daun. Tak hanya dia, Orkes Melayu Kelana Ria juga dikenal melahirkan beberapa penulis lagu Melayu yang populer di Indonesia pada era 1960-an.

Beberapa lagu pop Melayu dan dangdut, membuat nama Ellya Khadam melambung di dunia hiburan Tanah Air. Karier Ellya Khadam mencapai puncaknya dengan merilis lagu hits pada 1956, berjudul 'Boneka India' (Boneka dari India). Dia juga terkenal melalui 'Beban Asmara' yang diciptakan oleh Munif Bahasuan pada tahun 1961, serta lagu 'Ogah Ah!'. Lagu-lagu Melayu inilah yang berkembang jadi tonggak awal genre musik dangdut di Indonesia.

Tak hanya dunia musik, Elly Khadam ternyata juga merambah seni peran. Sejak akhir 1950-an, dia sudah mulai membintangi beberapa judul film, hingga dikenal dalam beberapa film musik Indonesia. Di antaranya yang paling populer adalah beberapa film Benyamin.

Ellya Khadam meninggal pada tanggal 2 November 2009 sekitar pukul 20.00 WIB. Ellya Khadam menghembuskan napas terakhir dalam usia 81 tahun, hanya 10 hari setelah ulang tahunnya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya