Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Google Doodle Hari Bumi 2022, Ingatkan Dampak Perubahan Iklim

Google Doodle Hari Bumi 2022, Ingatkan Dampak Perubahan Iklim

- Jumat, 22 April 2022 | 08:00 WIB
Google Doodle Hari Bumi 2022, Ingatkan Dampak Perubahan Iklim

Google Doodle hari ini jum'at 22 April 2022, ikut memperingati Hari Bumi 2022 dengan menampilkan topik dampak dari perubahan iklim bumi.

Google doodle menunjukkan dampak perubahan iklim atau climate change di empat sudut Bumi dengan menggunakan citra real time-lapse dari Google Earth Timelapse dan sumber lainnya.

Baca juga: Sejarah Hari Bumi dan Bagaimana Cara Kita Merawat Bumi

Adapun, keempat lokasi dalam Google Doodle pada Hari Bumi 2022 adalah:

1. Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika.

Di puncak gunungnya, luas area yang tertutup gletser terlihat kian menyusut. Sampel gambarnya diambil dari periode 1986 sampai 2020.

2. Gletser di Sermersooq, Greenland

Gambar kedua menunjukkan menyusutnya area yang tertutup gletser di Sermersooq, Greenland pada rentang 2000 sampai 2020.

3. Great Barrier Reef Australia

Di tempat ketiga yaitu di Great Barrier Reef Australia, terlihat perubahan warna koral tepatnya di Lizard Island Australia pada Maret sampai Mei 2016.

4. Harz Forests, Elend, Jerman

Sementara di tempat keempat yaitu di Harz Forests, Elend, Jerman, terlihat jelas hutan yang dihancurkan oleh serangan kumbang kulit kayu karena adanya kenaikan suhu dan kekeringan parah pada 1995 sampai 2020.

Google juga menuliskan bahwa perubahan iklim mengacu pada perubahan suhu dan pola cuaca dalam jangka panjang. Pergeseran tersebut sebenarnya adalah peristiwa alamiah.

Namun, sejak tahun 1800-an, berbagai aktivitas manusia membuat perubahan iklim itu menjadi lebih cepat terjadi. Salah satunya melalui pembakaran bahan bakar fosil yang menyebabkan pemanasan global.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya