Home » Kongkow » kongkow » Tempe Mendoan Jadi Google Doodle Hari Ini

Tempe Mendoan Jadi Google Doodle Hari Ini

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:40 WIB
Tempe Mendoan Jadi Google Doodle Hari Ini

Google doodle menampilkan ilustrasi tempe yang terbungkus daun pisang dan dipotong di atas talenan berbentuk persegi panjang. Yups tempe mendoan menjadi trending hari ini pada tanggal 29 Oktober 2022. Begini alasannya:

Menurut Google, tempe merupakan makanan fermentasi asal Indonesia yang usianya kini legendaris telah mencapai 400 tahun.

Tak hanya itu, alasan Google Doodle menampilkan tempe mendoan adalah karena tempe merupakan bagian dari ikonik masakan Indonesia yang legendaris serta sebagai Warisan Budaya Takbenda pada hari ini pada 2021 lalu.

Mendoan merupakan gorengan tempe yang berasal dari Eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah. Kata Mendoan berasal dari bahasa Banyumasan, yaitu setengah matang atau lembek.

Mendoan memiliki jenis tempe yang khusus, dengan bentuk yang tipis. Pembuatan tempe mendoan dapat dilakukan menjadi tiga macam, yaitu mendoan goreng basah, mendoan goreng kering hingga keripik mendoan.


Perlu diketahui Reza Dwi Setyawan, seniman asal Semarang Jawa Tengah tersebut lah yang membuat ilustrasi google doodle tempe mendoan.

Nah itulah penjelasan google doodle tempe mendoan hari ini. 

Cari Artikel Lainnya