Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengenal Profil Google Doodle Hari Ini, Pencipta Lagu Anak Sandiah Ibu Kasur

Mengenal Profil Google Doodle Hari Ini, Pencipta Lagu Anak Sandiah Ibu Kasur

- Senin, 17 Januari 2022 | 08:52 WIB
Mengenal Profil Google Doodle Hari Ini, Pencipta Lagu Anak Sandiah Ibu Kasur

Wajah Sandiah Ibu Kasur menjadi tokoh Google Doodle pada 16 Januari 2022. Sudah tahu belum siapa itu Sandiah Ibu Kasur?

Kalau belum, mari mengenal profil Sandiah Ibu Kasur agar kita bisa mengapresiasi keberadaan sosok inspiratif ini.

Sosok pendidik dan pencipta lagu anak

Bu Kasur lahir dengan nama Sandiah di Jakarta, 16 Januari 1926. Ia bersekolah di Meer Uirgetreid Lager Onderwijs (Mulo) tahun 1930. Bu Kasur lebih dikenal dengan nama tersebut setelah menikah dengan Pak Kasur yang bernama asli Soerjono.

Baca juga: Mengapa Ikan Mas Bisa Menghasilkan Alkohol?

Selain dikenal sebagai sosok pendidik anak-anak Indonesia yang ramah dan berkesan, Sandiah Ibu Kasur adalah tokoh yang menciptakan lagu-lagu anak populer pada masanya.

Bu Kasur dan suaminya merupakan pasangan suami istri pencipta lagu anak-anak yang rutin tampil di berbagai acara televisi serta radio. Beberapa lagu anak yang diciptakan oleh Bu Kasur antara lain Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.

Bu Kasur mengelola TK Mini pada tahun 1965. Kala itu TK Mini terbagi menjadi tiga jenjang yaitu Parkit untuk anak berusia tiga tahun, Kutilang untuk usia empat tahun, dan Cendrawasih untuk usia lima tahun.

TK Mini Sandiah Ibu Kasur meluluskan tokoh-tokoh terkenal di Indonesia antara lain Presiden Megawati Soekarno Putri, Guruh Soekarno Putra, Hayono Isman dan Ateng. 

Bu Kasur dikenal dengan sosok yang peduli terhadap anak-anak dan seorang pendidik. Ketulusan yang dimiliki Bu Kasur berhasil membuat dirinya menjadi pembicara di di seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia anak.

Sandiah Ibu Kasur yang gigih memerhatikan dunia anak juga memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima TK di Jakarta. 

Selain itu, bersama dengan Pak Kasur, suaminya, Sandiah Ibu Kasur menjadi pembawa acara di Taman Indria di TVRI. Sandiah Ibu Kasur pernah tampil di Hip Hip Ceria di RCTI pada awal 1990-an.

Sandiah Ibu Kasur juga aktif sebagai pembicara seminar yang berhubungan dengan tema khusus anak-anak. Sandiah Ibu kasur juga menjadi pengasuh rubrik khusus anak di majalah anak-anak Bocil.

Atas jasanya di bidang pendidikan anak-anak, Bu Kasur diganjar sejumlah penghargaan seperti Bintang Budaya Para Dharma (1992), penghargaan dari Presiden dalam rangka hari Anak Nasional (1988), Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari pemerintah Italia (1976), dan penghargaan pembawa acara anak-anak legendaris di televisi.

Bu Kasur wafat pada 22 Oktober 2002, dalam usia 76 tahun, akibat serangan stroke. Beliau dimakamkan di Beliau kemudian dimakamkan di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah tepat di samping makam Pak Kasur.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya