Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Google Doodle Rayakan Hari Lahir Marie Thomas

Google Doodle Rayakan Hari Lahir Marie Thomas

- Rabu, 17 Februari 2021 | 14:00 WIB
Google Doodle Rayakan Hari Lahir Marie Thomas

Google Doodle hari ini menampilkan ilustrasi seorang dokter yang tengah menggendong bayi. Rupanya, ia merupakan salah satu dokter wanita pertama di Indonesia.

Adalah dr Marie Thomas yang hari ini genap berusia 125 tahun. Wanita kelahiran desa Likupang, Sulawesi Utara, ini mengukir sejarah dalam bidang spesialis wanita pertama di ginekologi dan kebidanan.

Di tahun 1912, dr Marie Thomas diterima di STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artse). Sebelum dirinya mendaftar, institusi tersebut dikhususkan untuk laki-laki. dr Marie juga sempat bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia, Jakarta.

Tak lama dari situ, ia kemudian melanjutkan kariernya yang luar biasa sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru. Seperti IUD (intra uterine device), kepada wanita di seluruh nusantara.

Wanita ini juga dikenal sangat dermawan, ia bahkan sering menggratiskan biaya beberapa pasien yang tak mampu membayar perawatan. Ia tampak sangat jatuh cinta dengan profesi yang ditekuninya, ia juga mendirikan sekolah kebidanan, pertama di Sumatera

Cari Artikel Lainnya