Home » Kongkow » Fisika » Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

- Rabu, 28 September 2022 | 07:00 WIB
Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah suatu gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik serta magnet (elektromagnetik). Tidak seperti gelombang pada umumnya yang membutuhkan media rambat, gelombang elektromagnetik ini tidak memerlukan media rambat (sama halnya seperti radiasi). Oleh sebab tidak memerlukan media perambatan ini, gelombang elektromagnetik tersebut sering juga disebut dengan sebutan radiasi eletromagnetik.

Baca Juga :

Sifat-Sifat Cahaya Lengkap Dengan Contohnya

Berikut adalah rangkuman sifat-sifat, spektrum, dan contoh berbagai penerapan gelombang elektromagnetik:

Sifat - sifat Gelombang Elektromagnetik

- Gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang hampa.

- Perubahan medan listrik dan medan magnet terjadi pada saat yang bersamaan.

- Arah medan listrik dan medan magnet saling tegak lurus dan arah keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang.

- Besar medan listrik (E) berbanding lurus dengan besar medan magnet, dengan hubungan E = cB.

- Tidak membawa massa, namun membawa energi. Enegi yang dibawa sebanding dengan besar frekuensi gelombang

- Memiliki momentum

Dari sifat di atas, dapat dikatakan bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal. Karena termasuk gelombang transversal, maka dapat mengalami polarisasi, peristiwa pemantulan (refleksi), pembiasan (refraksi), interferensi, dan pelenturan (difraksi).

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Spektrum Gelombang Elektromagnetik adalah Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya. Berikut ini jenis-jenis spektrum gelombang elektromagnetik yang umumnya berhubungan dengan berbagai interval frekuensi serta panjang gelombang.

Macam-macam Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik ini meliputi cahaya, gelombang radio, sinar X, sinar gamma, mikro gelombang, serta lain sebagainya.

1. Cahaya tampak

Seperti namanya, gelombang ini dapat ditangkap langsung oleh mata manusia. Gelombang ini terdiri dari 7 macam warna. Urutan dari yang paling besar frekuensinya adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Gelombang cahaya tampak digunakan pada laser dalam serat optik pada bidang telekomunikasi dan kedokteran.

2. Gelombang Radio

Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan juga diterima oleh antena. Gelombang ini dimanfaatkan untuk teknologi radio, televisi, telepon, dan radar.

3. Sinar X

Sinar X memiliki panjang gelombang yang sangat pendek dan frekuensi yang tinggi. Sinar X mempunyai daya tembus kuat yang dapat menembus buku tebal, kayu setebal beberapa sentimeter, dan pelat aluminium setebal 1 cm. Gelombang sinar X dimanfaatkan dalam teknologi rontgen dan melacak isi tas penumpang di bandara.

4. Sinar Gamma

Sinar gamma mempunyai frekuensi antara 10 Hz sampai 10 Hz atau panjang gelombang antara 10 cm sampai 10 cm. Gelombang sinar gamma dihasilkan dari peristiwa peluruhan radioaktif atau inti atom yang tidak stabil. Sinar gamma memiliki daya tembus paling besar hingga mampu menembus plat besi. Gelombang sinar gamma digunakan untuk mensterilkan peralatan medis dan proses radioterapi dalam pengobatan kanker.

5. Gelombang Mikro

Gelombang mikro (mikrowaves) dihasilkan oleh tabung klystron yang berfungsi sebagai penghantar energi panas. Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan menjadi panas. Gelombang ini dimanfaatkan dalam teknologi microwave.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya