Home » Kongkow » Hai Otakers » MEKANISME (PROSES) PENDENGARAN PADA MANUSIA DAN HEWAN || MATERI IPA SMP

MEKANISME (PROSES) PENDENGARAN PADA MANUSIA DAN HEWAN || MATERI IPA SMP

- Senin, 12 April 2021 | 15:53 WIB

Hai otakers,

Satu hal yang penting juga untuk kita pelajari berkaitan dengan getaran dan gelombang yaitu bagaimana keduanya bisa difungsikan dalam proses pendengaran. Nahh, tahukah kalian jika proses pendengaran pada manusia ataupun hewan terjadi karena adanya proses getaran dan gelombang?

Yukk kita bahas ...

Mendengar adalah suatu kemampuan alat pendengaran manusia dan hewan untuk mendeteksi getaran yang disebut suara. Sebagai alat pendengaran manusia dan hewan, telinga dapat menangkap bunyi dalam bentuk gelombang suara (gelombang yang mempunyai getaran). Dalam keadaan biasa, getaran dapat mencapai indera pendengaran yaitu telinga melalui udara. Manusia dapat mendengar bunyi/suara pada kisaran frekuensi 20-20.000 Hz. Jika lebih atau kurang dari itu, makan manusia tidak dapat mendengar. 

Beberapa hewan mamalia akan menggunakan daun telinga untuk memfokuskan suara yang diterimanya. Inilah yang disebut dengan Sistem Sonar. Sistem Sonar adalah sistem yang digunakan untuk mendeteksi tempat dalam melakukan pergerakan dengan mendeteksi suara yang memiliki frekuensi tinggi (ultrasonik yaitu bunyi yang melebihi 20.000 Hz). Contoh hewan yang menggunakan Sistem Sonar tersebut yaitu ada pada kelelawar, anjing dan lumba-lumba.

Berikut ini pembahasan mekanisme pendengaran pada manusia dan juga hewan.

Simak terus video kita ya. Kira-kira kalian ingin kita buat video apalagi ya? komen yuk

Dannnn.... Jangan lupa dukung kita dengan cara subscribe channel kita, like, komen, dan share video kita.

Salam dari sabang sampai merauke

Cari Artikel Lainnya