Home » Kongkow » Biologi » Cabang Ilmu Biologi

Cabang Ilmu Biologi

- Kamis, 22 April 2021 | 09:00 WIB
Cabang Ilmu Biologi

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan untuk mempermudah mempelajarinya, ilmu Biologi dipilah-pilah menjadi cabang-cabang ilmu. Setiap cabang ilmu mengkaji Iebih spesifik mengenai suatu objek permasalahan yang sedang dipelajari. Misalnya, cabang Biologi yang didasarkan pada objek adalah Botani, Zoologi, Milcrobiologi, dan Virologi.

Dari setiap objek tersebut memunculkan cabang cabang ilmu yang semakin spesifik. Misalnya, dari Botani kemudian muncul cabang-cabang ilmu yang mengkaji lebih jauh mengenai tumbuhan tersebut, seperti Morfologi, Anatomi, Fisiologi, Taksonomi, dan Genetika. Pemilahan ilmu terjadi pula pada cabang-cabang ilmu Biologi lainnya.

Contoh cabang Biologi yang didasarkan pada persoalannya adalah Ekologi, Toksikologi, Taksonomi, Biologi Reproduksi, dan Teratologi.

Contoh cabang Biologi yang didasarkan pada tingkat organisasi kehidupan adalah Sitologi, Histologi, Organologi, Biologi Populasi, Biologi Molekuler, dan Genetika Populasi.

Cabang Biologi Terapan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia pun kini sudah banyak. Misalnya, kedokteran, gizi dan kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan, serta bioteknologi. Kemudian, dari ilmu Kedokteran sendiri muncul ilmu-ilmu spesifik, seperti spesialisasi saraf, mata, kandungan, gigi, THT, internis,  dan anak.

Bidang Kajian Cabang-cabang Biologi

No

Cabang Biologi

Bidang Kajian

1

Algologi

Dunia alga

2

Anatomi

Bagian-bagian dan struktur tubuh dalam makhluk hidup

3

Andrologi

Fungsi alat-alat tubuh dan penyakit khusus laki-laki

4

Bakteriologi

Dunia bakteri

5

Botani

Dunia tumbuhan

6

Ekologi

Hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya

7

Entologi

Serangga dan seluk beluknya

8

Embriologi

Perkembang embrio dari zigot sampai janin

9

Evolusi

Sejarah perkembangan makhluk hidup dari tingkat yang sederhana menuju tingkat yang lebih kompleks

10

Farmakologi

Proses pembuatan obat-obatan secara kimiawi

11

Filogeni

Perkembangan filum makhluk hidup dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks

12

Fisiologi

Fungsi kerja atau faal organ-organ tubuh makhluk hidup

13

Genetika

Mekanisme dan hukum-hukum pewarisan sifat

14

Ginekologi

Fungsi alat-ala tubuh dan penyakit khusus pada wanita

15

Histologi

Struktur dan fungsi jaringan makhluk hidup

16

Hygene

Pengelolaan kesehatan individu

17

Immnologi

Kekebalan tubuh

18

Kinekologi

Anjing dan seluk beluknya

19

Mamologi

Hewan menyusui dan seluk beluknya

20

Mikologi

Dunia jamur

21

Mikrobiologi

Mikroorganisme atau jasad renik dan seluk beluknya

22

Morfologi

Bentuk luar tubuh makhluk hidup

23

Onthogeni

Perkembangan suatu individu mulai dari zigot hingga dewasa

24

Ornitologi

Burung dan seluk beluknya

25

Palaeontologi

Fosil dan hubungannya dengan sejarah Bumi

26

Patologi

Penyakit dan pengaruhnya terhadap kehidupan organisme

27

Sanitasi

Pengelolaan kesehatan lingkungan

28

Sitologi

Struktur dan fungsi sel

29

Taksonomi

Pengelompokan dan pengklasifikasian makhluk hidup

30

Terratologi

Kemungkinan cacat dalam kandungan

31

Virologi

Dunia virus

32

Zoologi

Dunia hewan

Sumber :
Biologi 10 cabang ilmu ipa dan penjelasannya 10 manfaat biologi 100 cabang biologi 100 cabang ilmu ipa 20 cabang cabang ilmu biologi 20 cabang cabang ipa 20 cabang ilmu ipa 200 cabang biologi 200 cabang cabang ilmu biologi lengkap 230 cabang ilmu biologi dan pengertiannya 27 cabang biologi 5 cabang biologi 5 macam makhluk hidup 50 cabang cabang ilmu biologi 500 cabang biologi 500 cabang ilmu biologi dan pengertiannya 70 cabang biologi artikel cabang cabang biologi cabang biologi berdasarkan tema pokoknya cabang biologi murni cabang biologi yang mempelajari tentang gizi cabang cabang biologi beserta profesinya cabang cabang biologi brainly cabang cabang biologi dan bidang kajiannya cabang cabang biologi dan penjelasannya cabang cabang biologi kelas 10 cabang cabang biologi terlengkap cabang cabang fisika cabang cabang ilmu biologi cabang cabang ilmu biologi dan pengertiannya cabang cabang ipa menurut para ahli cabang ilmu biologi anatomi cabang ilmu biologi brainly cabang ilmu biologi dokter kandungan cabang ilmu biologi pdf cabang ilmu ipa fisika cabang ilmu ips contoh aerobiologi contoh anatomi contoh biomatematika contoh tingkatan organisasi kehidupan fikologi fisika terbagi menjadi fungsi cabang biologi anatomi hubungan embriologi dengan ilmu lainnya ilmu biologi terbaru ilmu pengetahuan alam biologi jelaskan ragam persoalan biologi keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu lainnya lima cabang ilmu biologi macam-macam cabang biologi dan pengertian Manfaat Biologi manfaat ilmu biologi mengapa penyelidikan ipa penting mind map cabang ilmu biologi nasofaringologi adalah objek biologi objek kajian biologi omitologi pada suatu daerah warganya terserang muntaber pengertian kiropterologi peranan biologi permasalahan biologi dan penyelesaiannya permasalahan yang dipelajari dalam genetika pteridologi adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang sebutkan dan jelaskan 5 cabang ilmu ipa sejarah biologi sitologi adalah tingkat organisasi kehidupan
Cari Artikel Lainnya