Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Mengapa Tumbuhan Memerlukan Energi Matahari

Mengapa Tumbuhan Memerlukan Energi Matahari

- Senin, 14 November 2022 | 20:35 WIB
Mengapa Tumbuhan Memerlukan Energi Matahari

Mengapa tumbuhan memerlukan energi matahari? Tumbuhan ini membutuhkan cahaya matahari maupun energi matahari untuk menghasilkan makanan dalam proses fotosintesis.

Fotosintesis ini adalah suatu proses pembuatan atau proses pembentukan makanan yang dapat dilakukan oleh tumbuhan. Proses fotosintesis ini dapat dilakukan oleh tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil dengan dibantu adanya bantuan energi cahaya matahari.

Dengan demikian, fotosintesis ini adalah sutu pemanfaatan energi cahaya matahari oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri yang bisa untuk mengubah karbon dioksida serta air menjadi karbohidrat.

Berikut ini reaksi dari fotosintesis: 
6CO2 (Karbondioksida) + 6H2O (air) + cahaya matahari → C6H12O6 (Glukosa) + 6O2 (Oksigen)

Saat proses fotosintesis, ada empat hal penting yang diperlukan, yaitu air atau H2O, karbondioksida atau CO2, klorofil serta cahaya matahari. 

Air atau H2O ini dapat diperoleh langsung oleh tumbuhan dari dalam tanah, kemudian diserap oleh akar. Air yang terserap akan dialirkan ke seluruh bagian tumbuhan termasuk daun.

Sementara, untuk karbondioksida sendiri bisa didapatkan dari udara yang langsung masuk melalui stomata. Stomata terletak di bagian bawah daun.

Sehingga, proses dari fotosintesis ini akan terjadi saat klorofil di daun menangkap cahaya matahari, yang kemudian menggunakannya untuk mengubah air dan karbondioksida untuk menjadi gula dan oksigen.
 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya