Home » Kongkow » Biologi » Pengertian dan Proses Fotosintesis

Pengertian dan Proses Fotosintesis

- Jumat, 01 Juli 2022 | 17:00 WIB
Pengertian dan Proses Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses tumbuhan hijau untuk menghasilkan makanannya sendiri yang terjadi di daun hijau yaitu di sel mesofil. Pada sel mesofil, terdapat kloroplas dan di dalamnya ada grana. Fotosintesis juga terjadi di batang hijau dan beberapa bagian bunga. 

Pada permukaan daun, terdapat setengah juta kloroplas per meter persegi. Karbon dioksida mencapai kloroplas melalui stomata, sementara air melalui urat daun.

Baca juga:

Pengaruh Radiasi Matahari Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Peningkatan Kadar CO2 Global, Bagaimana Efeknya Bagi Tumbuhan?

Pada Proses fotosintesis tumbuhan menghirup karbondioksida (CO2) melalui stomata yang ada di daun. Selain itu tumbuhan juga menyerap air yang ada di sekitar melalui akar yang kemudian akan diteruskan ke daun oleh batang.

Rumus Fotosintesis

6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

Fotosintesis terdiri dari dua tahap yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Disebut sebagai reaksi terang karena membutuhkan cahaya dan melibatkan pemecahan air serta pelepasan oksigen. Sedangkan reaksi gelap atau siklus Calvin tidak membutuhkan cahaya melainkan karbon dioksida yang nantinya akan diubah menjadi gula. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari fotosintesis yaitu berupa glukosa yang langsung diserap oleh tumbuhan sebagai makanannya sendiri dan oksigen yang dilepaskan oleh stomata akan menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup lainnya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya