Home » Kongkow » Biologi » Fungsi Klorofil Sebagai Agen Transformasi Energi pada Tumbuhan

Fungsi Klorofil Sebagai Agen Transformasi Energi pada Tumbuhan

- Jumat, 11 November 2022 | 17:30 WIB
Fungsi Klorofil Sebagai Agen Transformasi Energi pada Tumbuhan

Transformasi energi merupakan suatu proses perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Di dalam sel tubuh makhluk hidup yaitu tumbuhan terdapat satu bentuk transformasi energi yang dilakukan oleh klorofil.

Klorofil adalah zat hijau daun yang terdapat dalam organel sel tumbuhan (kloroplas) yang berperan dalam proses fotosintesis. Bagian ini berfungsi untuk menangkap energi cahaya matahari dalam memperlancar proses fotosintesis.

Proses fotosintesis digunakan oleh tumbuhan untuk mereaksikan Karbon dioksida dan Air menjadi glukosa. Untuk selanjutnya akan menghasilkan oksigen.

Pada dasarnya, transformasi energi oleh klorofil ini mengubah energi cahaya matahari menjadi energi potensial dan energi kimiawi yang tersimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya.

Energi yang telah diubah oleh klorofil tersebut oleh tumbuhan dimanfaatkan untuk kegiatan tumbuh dan berkembang. Sehingga, dari peristiwa ini energi dari tumbuhan akan berpindah ke dalam tubuh makhluk hidup lain yang mengonsumsi tumbuhan tersebut.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya