Home » Kongkow » Fisika » Teori Maxwell Gelombang Elektromagnetik

Teori Maxwell Gelombang Elektromagnetik

- Selasa, 28 September 2021 | 12:35 WIB
Teori Maxwell Gelombang Elektromagnetik

Teori maxwell dikemukakan pada 1864, oleh fisikawan Inggris, James Clerk Maxwell, yaitu teori yang menyebutkan bahwa cahaya adalah rambatan gelombang yang dihasilkan oleh kombinasi medan listrik dan medan magnetik. Gelombang yang dihasilkan oleh medan listrik dan medan magnetik ini disebut gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal yang dapat merambat dalam ruang hampa. 

Baca Juga:

Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Karakteristik dan Aplikasi Gelombang Elektromagnetik

Pada tahun 1865, ilmuwan Skotlandia, James Clerk Maxwell (1831 – 1879), menyatakan bahwa medan listrik dan medan magnet berhubungan erat. Maxwell menyadari bahwa jika suatu arus listrik dialirkan maju-mundur, arus itu dapat menimbulkan gelombang elektromagnetik yang berubah-ubah yang memancar keluar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Perhitungan-perhitungannya menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik itu memancar pada kecepatan cahaya. 

Menurut teori maxwell tentang gelombang elektromagnetik bahwa cahaya adalah suatu bentuk radiasi gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik dihasilkan oleh muatan yang dipercepat terdiri dari medan magnet B dan Medan listrik E yang bergetar saling tegak lurus serta keduanya tegak lurus arah perambatan gelombang. Sehingga gelombang elektromagnetik temasuk gelombang transversal.

Dengan Teori diatas Maxwell menghitung cepat rambat gelomabang elektromagnetik dengan persamaan

Keterangan :

  • C= cepat rambat gelombang elektromagnetik

  • μₒ = permeabilitas ruang hampa = 4π x 10-7Wb/Am

  •  Ԑₒ = permitivitas ruang hampa = 8,85418 x 10-12C2/N m2

 

Lalu dengan memasukkan harga μₒ dan Ԑₒ diatas maka di peroleh cepat rambat gelombang elektromagnetik sebesar c= 2,99792 x 108 m/s = 3 x 108 m/s.

Nilai tersebut ternyata sesuai dengan cepat rambat cahaya dalam ruang hampa. Dengan hasil ini maka Maxwell mengatakan bahwa cahaya termasuk gelombang elektromagnetik.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya