999 +
0
52
0
4 Macam Gelombang dalam Ilmu Fisika, Ketahui Pemanfaatannya
1 month 'ago'

Dalam ilmu pengetahuan fisika, tentu Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai berbagai macam cara kerja benda atau berbagai hal yang ada di kehidupan sehari-hari, mulai dari cara kerja listrik, cermin, hingga berbagai alat pengungkit atau tuas. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa ilmu fisika sangat dekat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu pengetahuan dalam ilmu fisika yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah gelombang. Seperti diketahui bahwa gelombang merupakan suatu sistem kerja yang memanfaatkan getaran yang merambat pada suatu benda atau media lainnya. Gelombang ini biasanya dapat membawa dan meneruskan energi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ciri khas dari sistem kerja gelombang yaitu menghasilkan bentuk menonjol dan cekung atau biasa disebut juga dengan bukit dan lembah. Bukit dan lembah ini terjadi dari sumber getaran kemudian merambat dan sampai pada benda atau tempat lain. Meskipun begitu, terdapat berbagai macam gelombang dengan karakteristik yang berbeda-beda dari setiap jenisnya.

Macam gelombang ini dibedakan menjadi gelombang menurut arah getaran, medium perantara, amplitudo dan fase, serta gelombang statis atau yang bersifat diam. Selain itu juga terdapat beberapa contoh pemanfaatan gelombang dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut merdeka.com telah merangkum macam gelombang serta manfaat atau kegunaannya dalam kehidupan yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Gelombang

Sebelum mengetahui beberapa macam gelombang, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan gelombang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa gelombang merupakan perpindahan getaran dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan media tertentu.

Meskipun begitu, gelombang juga dapat bergerak tanpa perantara seperti di ruang hampa. Sehingga secara umum, gelombang merupakan getaran yang dapat menyebar dengan maupun tanpa media perantara.

Macam Gelombang Menurut Arah Getaran

Setelah mengetahui pengertian gelombang, berikutnya akan dijelaskan mengenai macam gelombang berdasarkan beberapa kategorinya. Macam gelombang kategori pertama dibedakan berdasarkan arah getaran. Gelombang menurut arah getaran ini dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut :

  1. Gelombang longitudinal : yaitu gelombang yang bergerak secara parallel atau bertepatan terhadap arah rambat. Macam gelombang ini ditemui pada gelombang pegas dan gelombang suara.
  2. Gelombang transversal : yaitu gelombang yang arah getarannya bergerak tegak lurus dengan arah yang rambat. Macam gelombang ini dapat meliputi gelombang pada tali, gelombang cahaya, dan gelombang permukaan.

Macam Gelombang Menurut Medium Perantara

Macam gelombang berikutnya yaitu gelombang yang dibedakan berdasarkan medium perantara. Gelombang menurut medium perantara ini dibagi menjadi dua, yaitu gelombang elektromagnetik dan mekanis.

Berikut adalah penjelasannya :

  1. Gelombang elektromagnetik : merupakan gelombang yang tidak membutuhkan medium atau perantara untuk dalam proses perambatan getarannya. Macam gelombang ini dapat ditemui pada gelombang sinar gamma, sinar X, inframerah, sinar ultraviolet, gelombang radio, gelombang radar, dan gelombang televisi.
  2. Gelombang mekanis : yaitu jenis gelombang yang membutuhkan medium atau perantara untuk mengalirkan getarannya. Diketahui, hampir semua gelombang yang ada termasuk gelombang mekanis.

Macam Gelombang Menurut Amplitudo dan Fase

Berikutnya adalah macam gelombang berdasarkan ampltudo dan fasenya. Macam gelombang ini juda dibagi menjadi dua yaitu gelombang stasioner dan gelombang berjalan. Berikut adalah penjelasannya :

  1. Gelombang stasioner : yaitu jenis gelombang yang memiliki fase dan amplitudo yang berubah-ubah atau tidak sama dalam setiap titiknya. Perubahan fase dan gelombang ini akan terus terjadi selama gelombang bergerak. Gelombang jenis ini contohnya seperti gelombang pada senar gitar yang dipetik.
  2. Gelombang berjalan : yaitu jenis gelombang dengan fase dan amplitudonya tetap sama di setiap titiknya. Jenis gelombang ini juga dapat ditemui pada gelombang tali.

Macam Gelombang Stasioner

Macam gelombang yang terakhir adalah gelombang stasioner. Gelombang stasioner ini terjadi akibat adanya penggabungan dua gelombang, yaitu gelombang pantul dan gelombang masuk. Gelombang pantulan yang terjadi bisa dalam bentuk pantulan dengan puncak atau bukit yang tetap. Gelombang pantul juga bisa masuk sebagai kelanjutan dari gelombang sebelumnya yang memiliki fase padat.

Pemanfaatan Gelombang

Setelah mengetahui beberapa macam gelombang, berikutnya perlu diketahui berbagai penerapan dan pemanfaatan gelombang dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa gelombang dapat mengalirkan energi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Hal ini pun dimanfaatkan untuk menjalankan berbagai sistem kerja yang berguna bagi kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa kegunaan gelombang dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui :

  • Gelombang bunyi yang digunakan dalam beberapa peralatan kesehatan. Seperti gelombang ultrasonik yang digunakan pada peralatan USG untuk memeriksa kondisi organ atau penyakit tertentu.
  • Gelombang micro yang digunakan pada peralatan memasak, seperti microwave yang digunakan untuk menghangatkan atau memanggang makanan.
  • Gelombang radio dan televisi yang digunakan untuk alat atau media komunikasi.

Pemanfaatan berbagai macam gelombang pun bisa digunakan untuk berbagai bidang lainnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa gelombang mempunyai peranan penting untuk perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hal ini tentu dilakukan untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan manusia.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow