Home » Kongkow » Biologi » Organ Gerak dan Fungsinya Pada Hewan dan Manusia

Organ Gerak dan Fungsinya Pada Hewan dan Manusia

- Kamis, 23 Juli 2020 | 18:00 WIB
Organ Gerak dan Fungsinya Pada Hewan dan Manusia

Dalam aktivitas sehari-hari, makhluk hidup terutama manusia dan hewan pasti melakukan yang namanya bergerak. Apa saja fungsi dari sistem gerak pada makhluk hidup?

Fungsi Sistem Gerak

Tiap makhluk hidup memiliki sistem gerak masing-masing yang unik untuk spesies mereka. Sistem gerak ini memiliki fungsinya masing-masing yang bisa membantu mereka untuk melewati berbagai aktivitas sehari-hari. 

Kali ini kita akan membahas beberapa fungsi dari sistem gerak makhluk hidup, seperti:

Manusia dan Mamalia

Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, sistem gerak pada manusia memiliki fungsi beragam yang bisa membantu mereka melewati aktivitas harian. Anggota gerak atas manusia yang berupa lengan dan juga tangan bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti menggenggam, mengepal, mengetik, dan masih banyak lagi. Sedangkan anggota gerak bawah manusia yang berupa kaki bisa digunakan untuk berdiri, berjalan, dan berlari.

Mamalia lainnya yang berkerabat dekat dengan manusia, yaitu primata juga memiliki sistem gerak hampir mirip dengan manusia, mereka bisa menggenggam, berjalan, dan berlari. Bahkan kaki mereka juga bisa digunakan untuk menggenggam ranting dan batang pohon.

Beberapa mamalia lainnya seperti sapi, kuda ataupun kambing, memiliki organ gerak berupa 4 kaki untuk berjalan dan juga berlari. Beberapa mamalia predator juga menggunakan organ gerak mereka untuk menerkam mangsa mereka.

Ikan

Ikan dapat bergerak di dalam air, baik itu air tawar maupun air asin di laut yang luas. Dari segi bentuk rangkanya, bentuk ikan sebagian besar ada yang memanjang mirip dengan torpedo atau streamline. Mereka memiliki sirip sebagai alat gerak untuk berenang di dalam air.

Burung

Burung memiliki alat gerak unik berbentuk sayap. Sayap ini yang digunakan untuk bisa terbang. Burung juga memiliki kaki atau cakar yang digunakan untuk bertengger di ranting pohon. Ada beberapa jenis burung yang juga menggunakan kaki atau cakar mereka untuk mencengkeram mangsa. Namun, ada beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang seperti penguin, sayap mereka berbentuk seperti sirip yang digunakan untuk berenang, serta kaki untuk berjalan.

Reptil

Sebagian jenis reptil menggunakan kaki mereka untuk berjalan dan juga berlari. Namun, ular memiliki cara bergerak yang unik. Ia menggunakan otot-otot yang ada di tubuhnya untuk bergerak secara melata dalam berpindah dari satu titik ke titik yang lain.

Amfibi

Katak menggunakan kaki mereka untuk bisa melompat dari satu tempat ke tempat lainnya. Kakinya yang unik menjadi ciri khas dari katak. Katak juga memiliki selaput di organ geraknya yang bisa digunakan untuk berenang di dalam air.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya