Home » Kongkow » Biologi » Materi Sistem Gerak Manusia dan Hewan

Materi Sistem Gerak Manusia dan Hewan

- Kamis, 23 Juli 2020 | 16:16 WIB
Materi Sistem Gerak Manusia dan Hewan

Sistem gerak pada manusia dan hewan – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sistem gerak pada manusia dan juga hewan yang akan dijelaskan secara singkat dan jelas. Untuk itu langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Sistem Gerak

Sistem gerak adalah sistem tubuh yang terdiri atas otot, sendi dan tulang yang menggabung menjadi sebuah rangka yang berfungsi untuk memberikan bentuk pada tubuh dan juga memudahkan dalam bergerak serta melakukan sebuah aktivitas atau kegiatan .

Manusia dan hewan memiliki sistem gerak, dan dapat kalian bayangkan apabila keduanya tidak ada sistemnya. Pasti rasanya akan kaku seperti sebuah benda mati yang hanya bisa diam. Karena dengan adanya dari sistem gerak ini maka gerak dalam tubuh bisa dengan lincahnya untuk di gerakkan.

Sistem Gerak pada Manusia

Manusia sendiri memiliki beberapa komponen dari sistem geraknya untuk memudahkan dalam beraktivitas. Komponen sistem gerak yang ada pada manusia yaitu mencakup: Rangka, Otot, dan juga Sendi. Rangka, otot dan sendi  masih bisa dijabarkan secara rinci lagi. Berikut ini adalah uraiannya :

Rangka

Rangka ataupun tulang, termasuk dari alat gerak pada manusia. Gerakannya lebih cenderung pasif karena rangka di gerakkan dari otot dan sendi. Dengan adanya rangka inilah yang dapat membuat tubuh baik manusia maupun hewan yang mempunyai bentuk tubuh yang lebih jelas, sebagai penopang yang sangat kuat sehingga dapat berjalan, berlari dan yang lain sebagainya. Bagian-bagian dari rangka manusia di antaranya adalah sebagai berikut :

Jenis-jenis Rangka atau Tulang:

  • Tulang tengkorak

Bagian badan mencakup bagian dari anggota gerak serta  bagian dari anggota gerak bawah.

 

  • Tulang Rawan

Contoh tulang rawan: tulang telinga, tulang hidung, ujung tulang rusuk, laring, trakea, lalu bronkus dan diantara ruas dari tulang belakang.

 

  • Tulang Keras

Contoh tulang keras: tulang selangka, tulang kering dan tulang lengan.

Bentuk tulang: tulang pipih, tulang pipa, dan tulang pendek.

Sendi

Sendi adalah sesuatu yang menghubungkan di antara dua tulang. Terdapat  banyak sekali tulang yang berada  dalam tubuh manusia.

Macam – macam sendi:

  • Sendi Putar
  • Sendi peluru
  • Sendi pelana
  • Sendi geser
  • Sendi Engsel
  • Sendi gerak
  • Sendi kaku
  • Sendi mati

Otot

Otot adalah alat gerak aktif  yang berguna untuk membantu tulang dalam memudahkan untuk melakukan gerak. Tanpa adanya otot dalam tubuh, maka manusia tidak akan bisa bergerak. Oleh sebab itu, otot sangat penting untuk tubuh manusia karena menggerakkan otot memerlukan energi.

Jenis-jenis otot:

  • Otot Jantung
  • Otot lurik
  • Otot polos

Seluruh bagian sistem yang ada di atas adalah merupakan faktor yang terpenting bagi tubuh manusia. Tanpa adanya salah satu dari ketiganya maka manusia  akan sulit dalam bergerak dan juga akan kesusahan.

Sistem Gerak Pada Hewan

Sistem gerak yang terdapat pada hewan berbeda-beda karena  hewan ada yang hidupnya di air, darat serta  udara untuk terbang. Dalam jenisnya hewan tersebut dapat  di bagi menjadi dua, yaitu hewan yang bertulang belakang serta  hewan yang tidak bertulang belakang.

Ikan

Ikan mampu  bergerak di air, baik itu yang berada di air tawar ataupun air asin laut yang luas. Dari segi bentuk rangkanya, ikan berbentuk sebagian besar ada yang memanjang yang mirip dengan torpedo atau streamline.

Dari segi bentuk inilah maka ikan akan mudah untuk bergerak bebas di dalam air laut maupun di air tawar dengan membelok ke kanan kemudian ke kiri dengan begitu mudahnya. Bentuk rangka tulang ikan dan otot-otot ikan paling praktis sehingga efisien ketika bergerak ke depan dan lincah.

Amfibi

Salah satu contoh dari hewan amfibi adalah katak. Katak terdiri atas tulang badan, tulang kepala serta  tulang anggota gerak. Katak memiliki sendi yang terletak pada bagian pada lutut, siku, bahu, pergelangan kaki dan juga tangannya.

Disamping itu, bentuk tulang kepalanya berbentuk kecil namun paling kuat. Katak memiliki tulang belakang yang berguna untuk menopang tubuhnya. Katak memiliki kaki belakang yang amat panjang serta otot yang solid dan kekar. Kaki katak memiliki  selaput yang berfungsi untuk memudahkan berenangnya.

Mamalia

Contoh  hewan mamalia adalah sapi, banteng kuda, sapi, paus, dan yang  lain sebagainya. Mamalia ada yang hidup di darat, udara, dan juga air. Karakteristik atau ciri rangka dari hewan mamalia memiliki  tulang yang kokoh dan kuat untuk menopang tubuhnya. Ototnyapun elastis dan juga kuat yang menghubungkan pada ototnya. Sehingga hewan seperti kuda  dapat  berlari dengan sangat cepat atau kencang. Kuda juga memiliki sendi-sendi yang kuat  untuk mempermudah geraknya sehingga dapat bergerak dengan lincah.

Reptil

Hewan yang tergolong dalam kategori reptil  antara lain adalah ular, kadal, buaya, kura-kura, dan yang lain  sebagainya. Contohnya adalah ular. Ular mampu  bergerak dengan cara merayap atau melata  baik  itu di atas tanah, air maupun ketika  berenang di dalam air. Bentuk tulang ular terdiri atas tulang tengkorak, tulang badan,  dan  tulang ekor. Pada tulang badan, terdiri dari  ratusan buah ruas-ruas tulang belakang. Sedangkan  pada tulang rusuk ular ini terhubung menggunakan tulang belakang yang di balut dengan otot-otot yang begitu lentur dan juga  kuat. Dengan bentuk tubuh  dan juga  banyaknya ruas-ruas pada tulang belakang inilah yang akan menyebabkan ular mampu bergerak dengan cara meliuk-liukan badannya ke kanan dan ke kiri dengan cepat.

Demikianlah penjelasan tentang Materi Sistem Gerak Manusia dan Hewan semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian semua, dan juga terimakasih untuk kunjungannya.

Cari Artikel Lainnya