Home » Kongkow » Film » Kalian Pecinta Film Teka-teki dan Misteri? Coba Tonton Film Berikut Ini

Kalian Pecinta Film Teka-teki dan Misteri? Coba Tonton Film Berikut Ini

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Kalian Pecinta Film Teka-teki dan Misteri? Coba Tonton Film Berikut Ini

Otakers, apa kalian pernah mendengar kata “film thriller”?

Genre film ini berbeda dengan horor ya. Jika pada film horor biasanya bertemakan dunia supernatural, mitos, sampai urban legend. Pada film thriller itu biasanya lebih mengangkat kehidupan yang lebih realistis, seperti kasus pembunuhan, gangguan kejiwaan, misteri, mata-mata, atau bahkan teori konspirasi.

Nah, untuk kamu yang butuh rekomendasi film thriller, berikut 10 film thriller terbaik yang wajib dalam list tontonan-mu!

1. The Silence of the Lambs (1991)

Sumber Gambar: Justwatch

Film thriller ini menceritakan tentang sosok Hannibal Lecter yang terkenal sebagai seorang pembunuh yang gemar memakan korbannya dan seorang detektif FBI, Agen Clarice Sterling yang masih magang di FBI.

Namun pada masa magangnya, agen Sterling mendapat kasus pembunuhan berantai Bufallo Bill yang sangat sulit untuk dipecahkan.

Sebutan itu didapatkan oleh pembunuh berantai ini karena setelah membunuh korbannya, dia menguliti korbannya tersebut.

Akting pemeran utama, Jodie Foster ketika masih muda sangatlah luar biasa. Tidak heran jika dia mendapat penghargaan Oscar sebagai kategori Best Actress dalam film ini.

2. Se7en (1995)

Se7en merupakan film thriller terbaik yang menceritakan dua detektif, satu muda dan satunya lagi sudah berpengalaman yang sedang memburu pembunuh berantai yang menggunakan seven deadly sins sebagai modus aksinya.

Seven deadly sins merupakan tujuh dosa yang sering dilakukan manusia, yaitu gluttony, greed, sloth, wrath, pride, lust, dan envy. Pembunuh berantai dalam film ini pun membunuh tiap korbannya secara berurutan dari tiap dosa yang sering dilakukan korbannya.

Film ini dirilis pada tahun 1995, dan sampai sekarang, ending film thriller asal Amerika ini masih membekas di dalam diri penonton hingga saat ini.

3. Memento (2000)

Sumber Gambar: The Verge

Film Memento menceritakan sebuah perjalanan hidup seorang pria bernama Leonard Shelby, seorang yang mengalami penyakit anterograde amnesia yaitu seorang yang mengalami gangguan ingatan sehingga dia hanya dapat mengingat sebuah peristiwa dalam jangka waktu pendek.

Tujuan hidupnya adalah membunuh seseorang yang telah membunuh istrinya dan membuat dia mengalami penyakit tersebut.

Untuk mengatasi gangguan ingatannya, Leonard harus sering membuat catatan dan memotret setiap benda, tempat, atau orang yang ia temui dengan kamera polaroid. Bahkan dia juga membuat catatan dengan cara mentato seluruh tubuhnya.

4. The Departed (2006)

Frank Costello merupakan seorang mafia kelas kakap di Boston. Dia menjalankan banyak bisnis kotor disana dan sangat sulit untuk melacak keberadaannya.

Hal itu dikarenakan dia telah menyelundupkan seorang mata-mata ke dalam tubuh FBI. Mata-mata itu bernama Collin Sullivan.

Sullivan sendiri sudah mendapatkan kepercayaan dari atasannya, walaupun dia sendiri kurang akrab dengan rekannya, Sean Dignam.

Pihak kepolisian yang merasa kesulitan melacak Costello akhirnya memilih mengirim mata-mata untuk menyamar kedalam gembong Costello.

Yang dipilih menjalankan tugas itu adalah Billy Costigan. Film ini diperankan oleh Michael DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, dan Mark Wahlberg, dan berhasil meraih film terbaik dan sutradara terbaik di Oscar 2007.

5. Zodiac (2007)

Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai kasus serial pembunuhan yang terjadi di San Fransisco pada era 60-70an.

Kasus itu diberi nama “zodiac”. Sampai sekarang, kasus ini masih unsolved, dan pelakunya sendiri rajin mengirimkan surat berisikan cerita pembunuhannya serta kode sandi ke media massa.

sang tokoh utama, Robert Graysmith mantan pramuka yang bekerja sebagai seorang kartunis di harian The Chronicles.

Ia terobsesi dengan zodiac saat pertama dia melihat surat berkode yang diberikan zodiac ke kantornya. Setiap hari ia berdiskusi mengenai zodiac bersama dengan Paul Avery, jurnalis yang ditugaskan khusus meliput kasus ini.

Film ini memiliki alur cerita yang padat, membuatnya lebih mendebarkan ketimbang film thriller pada umumnya.

6. Shutter Island (2010)

Diadaptasi dari novel karya Dennis Lehane dengan judul yang sama, film ini menceritakan seorang anggota federal U.S Marshall bernama Teddy Daniels dan partner kerja barunya Chuck Aule yang sedang ditugaskan untuk berkunjung ke sebuah pulau terpencil guna menyelidiki tentang misteri hilangnya seorang pasien dari rumah sakit jiwa Ashecliffe.

Teddy berusaha keras mencari bukti-bukti yang ada disana, namun selalu ditutupi oleh pihak rumah sakit.

Sampai tiba-tiba Teddy selalu mendapatkan halusinasi dan mimpi aneh setiap hari sehingga ia mulai meragukan mana yang nyata dan mana yang halusinasi.

Film ini juga merupakan film yang memiliki plot twist, kamu harus menontonnya dengan fokus dari awal, dan memperhatikan semua detail yang ada agar paham betul dengan endingnya.

7. Black Swan (2011)

Sumber Gambar: WallpaperUP

Film thriller barat ini menceritakan Nina Sayers yang ingin menjadi ballerina professional. Nina sanggup menari dan membawakan semua gerakan-gerakan balet yang rumit dengan indah dan sempurna, hingga ia ditunjuk untuk memerankan Swan Queen.

Namun menurut sutradara pementasan, Nina tidak memiliki jiwa di setiap gerakan gemulainya itu.

Peran rumit tersebut menuntut Nina untuk tidak hanya mengeluarkan segala kemampuan menarinya dengan baik namun juga mengharuskannya untuk menampilkan dua sisi emosi yang berbeda.

Posisi Nina semakin terancam dengan kehadiran ballerina baru, Lili yang persaingan menjadi panas dan dengan juga menjadi awal sebuah rivalitas mengerikan.

Kisah yang menyoroti dunia balet ini tidak hanya sekedar menjadi film bertema tarian biasa, namun juga menjadi sajian drama thriller psikologis dengan konflik yang rumit.

8. Gone Girl (2014)

Apa jadinya jika momen istimewa seperti peringatan hari jadi pernikahan menjadi bencana besar karena pasangan kamu tiba-tiba hilang? Film ini menceritakan sisi gelap kisah rumah tangga pasangan fenomenal Nicky Dunne (diperankan oleh Ben Affleck) dan istrinya  Amy Dunne (diperankan oleh Rosamund Pike).

Dibalik citranya sebagai pasangan paling harmonis, ternyata banyak masalah yang ditutup-tutupi oleh keduanya. Konflik rumah tangga tersebut menemukan puncaknya pada saat Amy Dunne tiba-tiba menghilang dari rumah. Investigasi mulai dilakukan. Karena Amy merupakan seorang tokoh masyarakat yang disukai semua warga kota pun turut ikut turun ke jalanan untuk mencari Amy. Namun, selama proses pemeriksaan Nick Dunne suaminya dicurigai sebagai tersangka utama atas hilangnya Amy.

Film ini tidak hanya seru untuk ditonton, tetapi juga membuat kepala kamu terus berpikir bagaimana dan siapa dalang dibalik hilangnya Amy Dunne.

9. Split (2017)

Film thriller terbaik lainnya yang wajib kamu tonton adalah Split. Bercerita tentang seorang pria dengan 23 kepribadian, film ini mengandung banyak sekali pesan moral yang bisa kamu dapatkan.

Lantaran kerap diperlakukan kasar oleh ibunya sewaktu kecil, membuat kesehatan mental Kevin terganggu.

Sebagai bentuk perlindungan diri, pikiranya membagi kevin kedalam 23 kepribadian yang berbeda-beda dari mulai anak-anak sampai seorang wanita dewasa. 

Meskipun sudah mendapatkan terapi, rupanya kesehatan mentalnya tidak kunjung membaik. Suatu hari tiga kepribadianya yakni Dennis, Patricia, dan Hedwig melakukan aksi penculikan kepada 3 gadis muda sebagai umpan untuk membangkitkan kepribadian Kevin yang ke 24 “The Beast”.

Beast ini diketahui merupakan sosok yang menyerupai monster sangat kuat dan tidak terkalahkan oleh manusia normal.

10. Searching (2018)

Margot adalah gadis remaja biasa yang sedang menikmati masa mudanya yang bebas. Namun, pada suatu momen Margot menghilang dan membuat orang-orang di rumahnya panik termasuk ayahnya sendiri, David Kim.

David kemudian melaporkan peristiwa kehilangan putrinya pada pihak keamanan dan dia dibantu detektif Rosemary Vick untuk menemukan anaknya. Namun, dalam waktu 37 jam, Margot tak kunjung ditemukan.

David pun memiliki caranya sendiri untuk menemukan putrinya dengan mencari petunjuk-petunjuk tentang kehilangan putrinya melalui rekaman percakapan yang tersimpan di laptop putrinya.

David berusaha menghubungi satu per satu teman-teman putrinya, dan merangkai petunjuk dari pesan yang ditinggalkan oleh teman-temannya.

Kebanykan film thriller yang penuh misteri biasanya hanya memiliki satu plot twist, akan tetapi Searching memiliki banyak plot twist yang bikin kamu terus dikasih kejutan. Pastikan kamu fokus menonton dari awal sampai akhir film.

11. A Quiet Place (2018)

Sumber_ gambar: The Monitor

Apa jadinya kalau kita hidup tapi tidak boleh bersuara sedikitpun? A Quiet Place merupakan salah satu film thriller terbaik yang bisa membuat kamu tegang sejak detik pertama film ini dimulai. Bumi tiba-tiba dihantui oleh sosok misterius.

Sosok ini sangat peka terhadap bunyi dan akan langsung menyeret sumber bunyi tersebut ke sarangnya. Oleh sebab itu jangan heran kalau ini akan menjadi film paling senyap yang pernah kamu tonton sebelumnya.

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang bertahan hidup ditengah situasi misterius yang menghantui bumi.

Agar bisa tetap  hidup mereka terpaksa untuk hidup setenang mungkin. Masalah mulai muncul karena sang ibu tengah hamil tua dan akan segera melahirkan dalam waktu dekat.

Keluarga ini sudah menyusun rencana untuk mengecoh makhluk misterius tersebut sampai bayinya lahir dengan selamat.

12. Parasite (2019)

Film karya Bong Joon-ho ini bercerita tentang anggota keluarga Ki Taek yang semuanya merupakan pengangguran.

Seluruh anggota keluarga itu tinggal di apartemen kecil semi-basement banjiha. Hingga suatu hari Min-hyuk, seorang mahasiswa yang memberi keluarga Ki Taek sebuah batu yang disebut-sebut dapat menjanjikan kekayaan kepada siapa pun yang memilikinya.

Ki-woo ditawarkan menjadi guru les bahasa Inggris palsu putri keluarga kaya Park, Da-hye menggantikan posisinya Min-Hyuk yang mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Secara perlahan, tapi pasti keempat anggota keluarga Ki-taek juga bekerja di kediaman Tuan Park, mulai dari seorang guru seni, supir pribadi dan asisten rumah tangga.

Dari situlah itu muncul konflik-konflik yang menengangkan antara keluarga Park dan Ki-taek hingga berakhir dengan insiden menyeramkan.

Parasite berhasil menyabet 4 piala utama Oscar 2020 mulai dari Best Picture, Best Director, Best International Feature, dan Best Original Screenplay.

13. Escape Room (2019)

Sumber gambar: Imdb

Enam orang dengan latar berbeda tiba-tiba mendapat hadiah permainan aneh berbentuk kubus yang ternyata adalah sebuah puzzle yang didalamnya berisi surat tantangan untuk menyelesaikan permainan Escape Room dan pemenangnya akan mendapatkan 10.000 USD.

Namun ternyata Escape Room tersebut bukan ruang permainan biasa. Setiap ruangan memiliki tema yang berkaitan dengan masa lalu keenam orang tersebut.

Bagi kamu para pecinta permainan Escape Room akan sangat menyukai  film ini karena tertantang ingin ikut menyelesaikan teka-teki menarik di setiap ruanganya. Berani mencoba?

14. The Invisible Man (2020)

Tekadnya untuk mengakhiri toxic relationship dengan mantan kekasihnya membuat Cecilia nekat kabur dan bersembunyi agar keberadaanya tidak diketahui Adrian.

Kekasihnya tersebut adalah seorang ilmuwan jenius. Namun dibalik kesuksesan dan popularitasnya, Adrian ternyata sosok yang sangat posesif dan kerap melakukan kekerasan untuk mengontrol Cecilia.

Namun tiba-tiba suatu hari, Cecilia mendapatkan kabar bahwa suaminya tersebut telah mati bunuh diri.

Seluruh harta warisan Adrian termasuk rumah mewahnya dulu diberikan kepada Cecilia. Namun, pasca kematian Adrian banyak hal-hal aneh yang mulai terjadi. Cecilia menyadari ada yang tidak beres, ia mencoba mencari tahu dalang dibalik semua ini.

Secara keseluruhan film ini memiliki sangat bagus, jantung kamu akan dibuat berdetak keras dan merinding dengan alur ceritanya.

Ditambah kamu akan merasa sedikit  kagum dengan teknologi-teknologi futuristik yang ada dalam film The Invisible Man.

Itulah beberapa deretan film thriller terbaik yang akan membuat kamu geleng-geleng kepala setelah menontonnya!

Cari Artikel Lainnya