Home » Kongkow » Biologi » Cara Tumbuhan Melindungi Diri Lengkap dengan Contoh

Cara Tumbuhan Melindungi Diri Lengkap dengan Contoh

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 06:00 WIB
Cara Tumbuhan Melindungi Diri Lengkap dengan Contoh

Sebagai makhluk hidup, tumbuhan layaknya hewan juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri terhadap bahaya yang mengancam. Tentu pertahanan diri tumbuhan akan sangat berbeda dengan hewan karena tumbuhan tidak bisa berlari ataupun berpindah tempat. Umumnya mereka hanya menggunakan bagian tubuhnya untuk melindungi diri dari musuh. Nahh otakers, beberapa ini adalah macam-macam cara tumbuhan untuk melindungi diri terhadap musuhnya.

Macam – macam cara tumbuhan melindungi diri

1.Tumbuhan yang melindungi diri dengan Duri

Beberapa tumbuhan melakukan perlindungan diri dengan menggunakan duri yang ada pada tubuhnya baik batang, daun, bahkan buahnya. Perlindungan ini cukup efektif untuk mencegah dirinya dimangsa oleh hewan pemakan tumbuhan. dengan adanya duri, hewan yang tadinya hendak memakan bagian-bagian tubuh tumbuhan tersebut akan terganggu karena tertusuk oleh duri yang tajam.

Contoh tumbuhan yang mempunyai sistem pertahanan dengan tumbuhnya duri pada bagian tumbuhan tersebut yaitu:

  • Bunga mawar: Bunga mawar melindungi dirinya dari gangguan makhluk hidup yang lainnya dengan tumbuhnya duri pada batang yang ada pada duri mawar tersebut. Sehingga susah untuk makhluk hidup atau hewan hinggap pada batang bunga mawar.
  • Buah durian: Tumbuhan durian ini memiliki pertahanan diri pada bagian buah yang berduri. Duri ini sangat membantu durian agar terhindar dari makhluk hidup untuk memakan buahnya.
  • Kaktus: Duri pada tumbuhan kaktus berfungsi untuk melindungi diri dari musuhnya. Duri tersebut ada pada seluruh bagian batang dan tumbuh dengan ukuran kecil hingga besar.

 

2. Tumbuhan yang melindungi diri dengan Mengeluarkan racun

Biasanya tumbuhan yang menggunakan cara ini untuk melindungi diri akan mengeluarkan cairan yang membuat musuhnya menjauh bahkan hingga mati karena racunnya.

Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan racun antara lain pohon Jarak dan tanaman Kecubung.

  • Pohon Jarak: pohon ini terkenal dengan kandungan racun yang begitu berbahaya terutama pada bijinya. Jika biji jarak sampai termakan maka bisa berakibat fatal bahkan bisa kematian.
  • Kecubung: pada tanaman kecubung mengandung racun yang bernama risin. Sebenarnya kecubung merupakan obat tradisional, namun jika tidak diolah secara tepat, maka akan menjadi racun yang berbahaya yang bisa berakibat fatal sampai dengan kematian.

 

3. Tumbuhan yang melindungi diri dengan mengeluarkan getah

Cara tumbuhan melindungi diri selanjutnya adalah dengan mengeluarkan getah lengket pada batang, daun maupun buahnya. Selain berfungsi sebagai media transportasi unsur hara dan fotosintat dalam pembuluh angkut, getah juga ternyata dapat berfungsi sebagai media perlindungan diri pada tumbuhan. Dengan getah lengket ini apabila dimakan oleh makhluk hidup lainnya mungkin akan terasa sangat pahit.

Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan mengeluarkan getah yaitu :

  • Kamboja: Tumbuhan yang satu ini dapat mengeluarkan getah yang cukup banyak dan memiliki rasa yang sangat pahit. Meskipun kalian tidak ingin memakannya, namun jika bagian bunga ini tidak sengaja tersentuh, maka rasa getah yang pahit akan membekas dan bisa jadi kalian akan merasakannya.
  • Pohon sawo: Pada pohon sawo jika kita sayat akan mengeluarkan getah yang sangat lengket dan apabila ada hewan yang hinggap maka mungkin bisa lekat pada pohon sawo tersebut.
  • Pohon nangka: Dari pohon nangka dan buah nangka sendiri dapat mengeluarkan getah yang sangat amat lengket dan itu merupakan salah satu bentuk pertahanan diri tumbuhan nangka dari gangguan makhluk hidup yang berniat hinggap atau mengganggu pohon nangka.

 

4. Tumbuhan yang melindungi diri dengan menggunakan cangkang keras

Tumbuhan ternyata menggunakan cangkang keras dari buahnya untuk bisa melindungi bakal bijinya. Cangkang keras berfungsi untuk melindungi dirinya agar tidak dimakan oleh hewan pemakan biji atau tumbuhan, sehingga ia dapat berkecambah dan dapat meneruskan kehidupannya.

Contoh tumbuhan yang memiliki kulit atau cangkang yang sangat keras untuk dibuka adalah:

  • Buah kelapa
    Selain memiliki tinggi yang menjulang, pohon kelapa juga memiliki buah yang dilapisi dengan cangkang tebal dan keras,. Karena keras dan tebal maka untuk membukanya akan  membutuhkan usaha keras dan menggunakan cara tertentu. perlindungan dirinya dari gangguan makhluk hidup lainnya.
  • Biji mahoni
    Biji mahoni merupakan inti dari buah pohon mahoni dimana biji mahoni ini sendiri memiliki sistem pertahanan diri yang cukup bagus karena memiliki kulit yang keras. Sehingga bagi makhluk hidup akan amat susah sekali apabila ingin memakannya karena memerlukan cara khusus untuk membuka biji mahoni tersebut.
  • Kelapa sawit
    Kelapa sawit sendiri memiliki buah yang kulitnya cukup keras. Itu merupakan salah satu bentuk pertahanan dirinya jika ada makhluk hidup lainnya berusaha untuk memakan buah dari kelapa sawit tersebut.

 

5. Tumbuhan yang melindungi diri dengan Bulu Halus

Cara tumbuhan melindungi diri selanjutnya ialah dengan menggunakan bulunya. Selain dengan duri, beberapa tumbuhan juga melakukan perlindungan diri mereka dengan menggunankan bulu atau rambut yang ada pada tubuh mereka. Sebagian diantaranya menghasilkan bulu atau rambut yang dapat mengakibatkan rasa gatal yang cukup parah pada pemangsanya.

Contoh tanaman yang memiliki perlindungan diri menggunakan bulu halus yaitu:

  • Bambu: Walaupun batang bambu banyak sekali manfaatnya, tapi ada bulu halus yang jika tersentuh akan menyebabkan kulit menjadi gatal. Bulu halus iini bertujuan untuk melindungi bambu dari ancaman musuh agar batang bambu dapat tumbuh dengan baik hingga dewasa.
  • Buat rambutan: Pada tumbuhan buah rambutan bisa tumbuh pada batang serta terkadang ada pada buah rambutan untuk melindungi dirinya.
  • Jelatang: tanaman ini juga sangat berbahaya karena mempunyai bulu sengat yang halus dan jika terkena kulit dapat menyebabkan perih dan gatal serta panas yang menyengat.

 

6. Tumbuhan melindungi diri dengan Menguncupkan Daunnya

Sudah banyak yang mengetahui bahwa ada beberapa tumbuhan yang menguncup ketika merasa terancam oleh bahaya. Hal ini ternyata termasuk sebagai contoh perlindungan diri pada tumbuhan. Tumbuhan yang menguncup setelah mendapatkan rangsangan contohnya adalah Putri Malu dan Kantung Semar.

Meskipun kedua tumbuhan tersebut memiliki ciri yang berbeda dalam menguncupkan daunnya, namun keduanya termasuk bentuk perlindungan diri.

  • Putri Malu: mempunyai tangkai yang berwarna merah dan duri pada batangnya. Tanaman ini melindungi diri dengan mengatupkan daun ketika disentuh.
  • Kantung Semar: merupakan salah satu jenis tanaman karnivora yaitu memakan serangga-serangga kecil, anak katak, dan Pacet. . Tinggi tanaman ini bisa mencapai  15-20 m dengan memanjat tanaman lainnya. Mempunyai daun dengan ujung terdapat sulur yang termodifikasi berbentuk kantung sebagai alat perangkap mangsa. 

 

7. Tumbuhan melindungi diri dengan menggunakan bau menyengat

Beberapa tumbuhan juga ada yang melindungi dirinya dengan mengeluarkan aroma tertentu. Contohnya bunga bangkai yang sengaja mengeluarkan aroma bangkai untuk menghindari hewan lain memakannya.

 

Nahh otakers, itulah tadi beberapa macam cara melindungi diri oleh tumbuhan, semoga dapat membantu ya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya