Home » Kongkow » Biologi » Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

- Senin, 24 Agustus 2020 | 16:00 WIB
Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan – Untuk hal ini selain makan, berkembang biak, bernafas, mengeluarkan zat sisa tumbuh dan menerima rangsangan, salah satu ciri makhluk hidup lainnya ialah melakukan penyesuaian diri atau adaptasi terhadap lingkungannya.

Adapun Adaptasi dilakukan oleh manusia hewan dan tumbuhan agar dapat bertahan hidup meski dalam kondisi lingkungan yang sulit.

Nah jika manusia dan hewan cenderung dapat dengan mudah melakukan adaptasi, lantas bagaimana cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya?

 

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya dapat dilakukan dengan 3 hal yakni melalui adaptasi morfologi, fisiologi dan adaptasi tingkah laku.

Nah diartikel kali ini kami akan membahas mengenai ketiga cara tersebut disertai dengan contoh-contohnya, silakan simak dibawah ini.

 

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Melalui Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi ialah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan mengubah bentuk luar tubuhnya agar sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh adaptasi morfologi pada tumbuhan di antaranya yaitu:

  • Tumbuhan kaktus beradaptasi dengan suhu udara yang panas dengan memperkecil ukuran daunnya sampai berbentuk seperti duri. Suhu udara yang panas membuat banyak air menguap dari tubuhnya, yang sehingga dengan memperkecil ukuran daun, laju transpirasi “penguapan” dapat turun.

  • Tanaman bakau memiliki akar tunjang yang menembus tanah sampai dalam merupakan salah satu contoh adaptasi morfologi yang dilakukan supaya tanaman tersebut tidak terhempas oleh ombak besar di sekitar pantai.

  • Teratai dan kangkung memiliki batang yang berongga supaya dapat mengapung diperairan yang menjadi tempat hidupnya. Bayangkan bila kedua tumbuhan tersebut memiliki batang yang berisi seperti batang pohon kayu, mereka pasti akan tenggelam di dasar sungai.

 

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Melalui Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi ialah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan mengubah fungsi dalam tubuhnya agar sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan di antaranya yaitu:

  • Pada musim kemarau, pohon pisang akan mengeluarkan zat lilin pada permukaan atas daunnya untuk meminimalkan terjadinya transpirasi.

  • Tumbuhan gurun memiliki organ tempat menyimpan cadangan air untuk mempersiapkan musim kemarau yang panjang.

  • Bunga-bunga tumbuhan yang hanya dapat melakukan penyerbukan dengan bantuan serangga mengeluarkan aroma wangi untuk mengundang para serangga datang.

 

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Melalui Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku ialah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan melakukan tingkah laku tertentu sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan di antaranya yaitu:

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Serta Contohnya

  • Pohon jati, kedondong dan beberapa tumbuhan lainnya akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk meminimalkan penguapan “transpirasi”.

  • Tumbuhan xerofit mengeluarkan air dari daunnya untuk membuang kelebihan air pada tubuhnya tingkah laku tumbuhan higrofit ini disebut dengan istilah gutasi.

  • Bunga wijaya kusuma mekar hanya pada malam hari dan mengeluarkan aroma wangi untuk mengundang serangga malam agar membantu penyebukannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Cari Artikel Lainnya