Home » Kongkow » Biologi » Tingkatan Terendah dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan Adalah

Tingkatan Terendah dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan Adalah

- Rabu, 20 Maret 2024 | 08:44 WIB
Tingkatan Terendah dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan Adalah

Tingkatan terendah dari klasifikasi tumbuhan dan hewan adalah pengelompokan tumbuhan dan hewan yang persamaannya paling banyak dari lainnya.

Para ahli biologi menggunakan sistem ini untuk mengelompokkan hewan dan tumbuhan berdasarkan kesamaan dalam kategori lain.

Taksonomi, yang merupakan cabang ilmu biologi, mengelompokkan berdasarkan hierarki. Ini merupakan proses penamaan, perincian, dan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan sifat-sifat yang sama dan berbeda.

Berikut adalah tingkatan takson tumbuhan dari yang terendah hingga tertinggi:

Spesies: Ini adalah tingkatan terendah, di mana tumbuhan memiliki kesamaan ciri yang paling banyak dibandingkan dengan yang lain.

Genus atau Marga: Pengelompokan tumbuhan ini memiliki aturan khusus dalam penulisannya, dengan kata pertama yang dicetak miring atau digarisbawahi.

Famili: Ini adalah ciri atau sifat yang lebih spesifik, di mana setiap ordo dapat dibagi menjadi beberapa famili.

Ordo: Kelompok yang lebih kecil dari kelas, di mana kelas monokotil bisa dibagi lagi menjadi beberapa ordo, seperti rumput-rumputan, jahe-jahean, dan lain-lain.

Kelas: Setiap divisi dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil yang disebut kelas, seperti divisi spertophyta yang dibagi menjadi kelas berdasarkan keping bijinya.

Divisi: Kelompok-kelompok kecil yang dibagi dari kingdom.

Kingdom: Tingkatan tertinggi dari takson tumbuhan, di mana makhluk hidup dikelompokkan menjadi kingdom, termasuk Monera, Pristista, dan lain-lain.

Cari Artikel Lainnya