Home » Kongkow » Geografi » Pengertian dan Klasifikasi Sumber Daya Alam

Pengertian dan Klasifikasi Sumber Daya Alam

- Senin, 13 Desember 2021 | 15:31 WIB
Pengertian dan Klasifikasi Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan alam berupa benda mati atau makhluk hidup yang berada dibumi. 

Pengertian Sumber Daya Alam menurut Para Ahli

a. Menurut J.A Katili, sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

b. Menurut Soerianegara, sumber daya adalah unsur lingkungan alami, baik fisik maupun hayati, yang dibutuhkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

c. Menurut Walter Isard, sumber daya alam adalah keadaan lingkungan dan bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraannya.

A. Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Asalnya

Berdasarkan asalnya, SDA dibagi menjadi dua, yaitu SDA hayati (biotik) dan non-hayati (abiotik).

1. Sumber Daya Alam Hayati

Kayu di Hutan Merupakan Contoh Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati adalah SDA yang dapat diambil dari biosfer kita. Semua hewan dan tanaman yang terkandung dalam ekosistem dan bioma di dunia ini dikategorikan sebagai SDA hayati.

Karena bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi tercipta dari hewan dan tumbuhan, mereka pun dikategorikan sebagai SDA hayati.

2. Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber daya alam non hayati adalah SDA yang berasal dari material tidak hidup dan bersifat anorganik. Umumnya, SDA non hayati ini merupakan bahan galian tambang ataupun merupakan hasil aktivitas vulkanisme dan tektonisme.

Tanah, air, logam, mineral, dan angin merupakan contoh dari SDA non hayati.

B. Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, kita dapat menggolongkan sumber daya alam menjadi dua yaitu: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan kekayaan alam yang tidak dapat diperbaharui. Mari kita bahas lebih lanjut kedua jenis sumber daya ini.

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

SDA yang dapat diperbaharui ialah kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan terus menerus karena dapat tersedia kembali. Contohnya tanah, hutan, hewan, air dan udara.

a. Tanah

Tanah adalah tempat kita semua berpijak. Kita dan makhlik hidup lainnya tinggal diatas tanah. Ada banyak sekali jenis tanag. Jenis-jenis tanah itu antara lain tanah vulkanik, tanah humus dan tanah gambur.

b. Hutan

Hutan merupakan sumber daya alam yang dapat rusak. Hutan dapat rusak dan musnah jika tidak dillestarikan. Penyebab kerusakan hutan antara lain:

- Penebangan hutan secara liar

- Kebakaran hutan yang terjadi pada musim kemarau

- Pembakaran hutan untuk membuat ladang.

c. Hewan

Hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ada hewan atau binatang liar dan hewan peliharaan, contohnya binatang liar antara lain gajah, harimau, buaya, rusa beruang, kancil dan sebagainya. Contoh hewan ternak antara lain sapi, kambing, ayam, itik kelinci dankerbau. Selain itu binatang liar dapat berkembangbiak sendiri. Adapun hewan ternak sengaja dibudidayakan. Hewan ternak dipelihara untuk mendatangkan penghasilan.

d. Air

Air merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Manusia menggunakan air untuk minum, mandi, mencuci dan memasak. Kita dapat memperoleh air bersih dari sumur, mata air, air hujan dan air dari PAM (Perusahaan Air Minum).Selain untuk keperluan sehari-hari, kegunaan air antara lain untuk mengairi sawah, memelihara ikan, sarana transportasi, dan pembangkit listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Air sering disingkat dengan PLTA.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ialah bahan tambang.

bahan tambang dibagi kedalam tiga kelompok. Ketiga kelompok itu adalah bahan tambang mineral logam, bahan tambang mineral tambang bukan logam dan sumber tenaga/energi.

a. Bahan tambang mineral logam

Bahan tambang mineral logam merupakan bahan tambang yang berwujud bijih. Contohnya bijih besi, nikel, emas, tembaga, timah dan biji bauksil. Mineral logam dibagi menjadi dua yaitu logam murni dan logam campuran.

b. Bahan tambang mineral bukan logam

Contoh bahan tambang bukan logam adalah batu kapur, belerang, pasir, kaolin, asbes, mika, tanah liat dan intan.

c. Bahan tambang sumber tenaga (energi)

Contoh dari bahan tambang ini adalah minyak bumi, gas alam dan batu bara.

- Macam-macam produk pengolahan minyak bumi diantaranya minyak tanah, solar, pelumas, bensin, bensol dan aspal.

- Gas alam digunakan sebagai bahan pembuat pupuk, selain itu gas alam juga digunakan untuk bahan bakar kompor gas.

- Manfaat dari batu bara yaitu digunakan untuk bahan bakar, contohnya bahan bakar untuk kereta api, kapal laut dan pembangkit listrik.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya