Home » Kongkow » Geografi » Sumber Daya Alam Tambang dan Manfaatnya

Sumber Daya Alam Tambang dan Manfaatnya

- Rabu, 15 Desember 2021 | 11:00 WIB
Sumber Daya Alam Tambang dan Manfaatnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dalam sumber daya alam, salah satunya pertambangan. Dimana, Indonesia memiliki banyak cadangan mineral tambang dan hampir semua provinsi memiliki barang tambang dengan berbagai kegunaan.

Namun, banyaknya potensi sumber daya alam di sektor pertambangan ini akan menjadi sia-sia jika tidak dikelola dengan baik dan bijak. 

Hasil pertambangan memberikan keuntungan sendiri bagi Indonesia. Pasalnya, saat ini hasil tambang tersebut banyak dijual secara ekspor maupun impor. Banyak orang yang juga menggunakan hasil tambang tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti minyak bumi yang dikelola menjadi bensin sebagai bahan bakar mobil.

Baca juga: Sumber Daya Alam Hutan

Berikut hasil Sumber Daya Alam Pertambangan dan manfaatnya yang perlu kalian ketahui:

a. Minyak Bumi dan Gas

Minyak bumi dan gas merupakan sumber daya alam yang cukup melimpah di Indonesia. Namun, saat ini sumber daya alam tersebut semakin sulit ditemukan, karena membutuhkan waktu yang lama untuk pembentukan minyak bumi tersebut.

Minyak bumi dan gas yang merupakan sumber utama dalam perindustrian, transportasi serta kebutuhan rumah tangga. Untuk transportasi yaitu sebagi bahan bakar kendaraan. Dalam rumah tangga, biasanya digunakan untuk membantu kita dalam memasak, yaitu menggunakan gas.

Di Indonesia minyak bumi yang dihasilkan dapat dikatakan dalam kondisi yang cukup baik, karena setidaknya potensi minyak bumi indonesia berkisar 4,3 milyar barrel. Adapun wilayah Indonesia yang dijadikan sebagai tambang minyak bumi antara lain adalah Lhoksumawe, Muara Enim, Majalengka, Cilacap, Amuntai dan Sorong.

b. Tembaga

Tembaga adalah hasil tambang yang digunakan dalam bidang kelistrikan, hal ini karena tembaga memiliki sifat penghantar listrik yang baik. Akan tetapi tembaga juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kuningan, pipa air, industri konstruksi dan lain sebagainya. Adapun suku cadang tembaga di Indonesia adalah 4,1% dari jumlah suku cadang tembaga di dunia dan memiliki presentasi 10,4% sebagai penghasil tambang tertinggi.

Pertambangan tembaga ini berpusat di Papua, akan tetapi ada beberapa daerah yang juga menghasilkan tambang tembaga seperti di Cikotok (Jawa Barat) dan Tirtamaya (Jawa Tengah).

c. Batu Bara

Selain minyak bumi dan gas, batu bara juga merupakan hasil tambang yang banyak dimanfaatkan. Dibandingkan dengan minyak dan gas bumi, batu bara lebih murah sebagai bahan bakar, selain itu tidak terpengaruh dengan kondisi cuaca. Indonesia memiliki sumber batubara yang sangat banyak terutama di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sumatera.

Baca juga: Pengertian dan Klasifikasi Sumber Daya Alam

d. Emas

Emas di Indonesia memiliki suku cadang 2,3% dari jumlah keseluruhan cadangan emas di dunia. Sedangkan produksi hasil emas di Indonesia sendiri memiliki presentasi 6,7% sehingga berada di posisi keenam dunia. Emas ini biasanya dimanfaatkan untuk dibuat untuk perhiasan dan aksesoris lainnya. Wilayah di Indonesia yang menghasilkan emas antara lain di Meuleboh (Aceh), Bengkalis (Sumatera), Logas (Riau) dan Cikotok (Jawa Barat).

e. Timah

Timah putih mempunyai struktur yang tidak terlalu keras dengan warna putih keperakan. Timah putih memiliki sifat konduktivitas terhadap panas dan listrik yang tinggi. Timah biasa dimanfaatkan untuk pembuatan kaleng, tube, pelapis besi, dan yang lain-lain. Saat ini timah juga digunakan sebagai pembungkus coklat, rokok, dan permen.

Jumlah timah yang ada di Indonesia sebesar 8,1% dari jumlah logam timah yang ada di seluruh dunia. Tambang timah yang ada di Indonesia berlokasi di Pulau Bangka, Pulai Karimun, dan juga daratan Riau. Sumber timah terbesar di Indonesia sebanyak 60% di pulau Bangka. 

f. Bauksit

Bauksit merupakan salah satu biji alumunium. Adapun manfaat dari bauksit diantaranya adalah untuk pembuatan badan pesawat terbang, peralatan dapur, kapal dan lain sebagainya. Bauksit didapatkan dari lumpur yang basah kemudian dibersihkan sampai lumpur tersebut tidak menempel.

Bauksit ini juga menjadi bahan tambang yang di ekspor ke negara lain seperti Jepang. Adapun wilayah Indonesia yang menghasilkan tambang bauksit diantaranya Pulau Bintang dan Pulau Koyang.

g. Nikel

Nikel dimanfaatkan sebagai paduan logam. Di Indonesia pusat pengolahan nikel terletak di Pomala Sulawesi Tenggara dan dipegang oleh PT. Aneka Tambang yang terletak di Soroako Sulawesi Selatan.

h. Batu Gamping

Batu gamping atau sering disebut sebagai batu kapur merupakan sumber daya tambang yang biasanya digunakan dalam industri bangunan. Biasanya batu gamping dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan semen, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanah yang kurang akan zat kapur. Pengambilan batu kapur sendiri dilakukan dengan cara digali di sekitar bukit kapur yang ada. Adapun wilayah Indonesia yang terdapat tambang batu kapur diantaranya di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Selatan Bali dan Irian Jaya Selatan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya