Home » Kongkow » Geografi » Pemanfaatan Flora dan Fauna Bagi Kehidupan Manusia

Pemanfaatan Flora dan Fauna Bagi Kehidupan Manusia

- Jumat, 05 November 2021 | 15:36 WIB
Pemanfaatan Flora dan Fauna Bagi Kehidupan Manusia

Bentuk pemanfaatan flora dan fauna sebagai sumber daya alam antara lain sebagai sumber pangan dan obat-obatan, komoditas ekonomi, pemenuhan kebutuhan sandang dan papan dan Sumber pendapatan devisa.

1. Sumber Pangan dan Obat-obatan

Baik flora maupun fauna utamanya masyarakat manfaatkan sebagai sumber pangan baik melalui proses pengolahan sederhana maupun diproses menjadi bentuk lain untuk memenuhi nutrisi masyarakat seperti karbohidrat, protein dan vitamin.

Beberapa jenis flora dan fauna juga dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan seperti tamanan lidah buaya, jahe, temulawak serta hewan seperti teripang atau timun laut dan cacing tanah.

Baca juga: Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

2. Komoditas Ekonomi

Flora dan fauna di Indonesia bisa dijadikan sebagai komoditas ekonomi yaitu melalui peternakan, perikanan dan perkebunan.

a. Peternakan merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh manusia dengan maksud untuk mengembang biakan hewan yang dapat dikonsumsi. Selain sebagai sumber pangan, hewan ternak juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam aktivitas yang lainnya, sepereti diperjualbelikan sehingga meningkatkan ekonomi.

b. Perikanan atau tambak merupakan sebuah usaha yang di fokuskan pada pengembangbiakan biota air (baik air laut, tawar, atau payau). Apalagi wilayah Indonesia yang 2/3 bagiannya berupa peraian, sektor perikanan bisa menjadi salah satu komoditas andalan dari negara kita.

c. Beberapa jenis kayu dari hasil perkebunan memiliki manfaat untuk kepentingan masyarakat maupun kepentingan ekspor seperti kayu jati. Selain itu getah dari pohon karet juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan seperti ban.

3. Kebutuhan Sandang dan Papan

Dalam memenuhi kebutuhan sandang dapat diperoleh dengan mengolah tamanan kapas menjadi kain katun dan bulu domba menjadi serat wol. Untuk kebutuhan papan, sebagai bahan bangunan biasanya berasal dari tumbuhan jenis kayu seperti jati, pohon kelapa dan meranti.

Baca juga: Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia

4. Sumber Pendapatan Devisa

Devisa adalah valuta asing yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Jadi, flora dan fauna di Indonesia yang memiliki nilai jual di pasar Internasional di budidayakan yang nantinya bisa dijual ke negara lain. Hasil keuntungan tersebut bisa menjadi devisa bagi negara kita.

 

Credits Photo: Mongabay.co.id

Sumber :
Cari Artikel Lainnya