Home » Kongkow » Biologi » Pengertian Tumbuhan Hijau

Pengertian Tumbuhan Hijau

- Senin, 24 Agustus 2020 | 11:00 WIB
Pengertian Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau adalah suatu jenis tumbuhan yang memiliki klorofil. Klorofil berasal dari dua kata, yaitu kloro dan fill. Kloro berarti hijau dan fill berarti daun. Jadi klorofil adalah hijau daun.

Meskipun klorofil adalah hijau daun, namun tidak hanya tumbuhan yang mempunyai daun berwarna hijau yang memiliki klorofil melainkan tumbuhan yang memiliki daun berwarna merah atau kuning juga bisa mengandung klorofil. Bahkan, pada batang tumbuhan juga terdapat klorofil.

Klorofil berfungsi untuk menyerap energi sinar matahari yang kemudian digunakan untuk proses pembuatan makanan atau proses fotosintesis. Proses Fotosintesis adalah proses tumbuhan hijau dalam membuat makanan. Fotosintesis menghasilkan beberapa zat yang berguna bagi makhluk hidup salah satunya oksigen untuk bernapas.

Makhluk hidup sangat bergantung pada tumbuhan hijau. Hal tersebut disebabkan tumbuhan hijau sebagai sumber makanan bagi manusia, tumbuhan hijau sebagai sumber makanan bagi hewan, dan tumbuhan hijau sebagai sumber energi bagi makhluk hidup.

Hanya tumbuhan hijau yang dapat membuat makanan sendiri dengan menggunakan bahan, seperti air, cahaya matahari, dan unsur hara. Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri dari bahan – bahan tersebut.

Manusia dan hewan hanya dapat memanfaatkan bagian – bagian tumbuhan sebagai sumber makanan. Adapun manfaat – manfaat lain yang diperoleh dari tumbuhan, yaitu sebagai berikut.

1. Mencegah akan adanya bahaya banjir dan longsor di daerah dataran tinggi, sedangkan pada daerah pesisir tumbuhan bakau dapat bermanfaat untuk menahan banjir aerob dan gelombang tinggi
2. Menjadi tempat hidup bagi makhluk hidup lain, seperti unggas, ulat dan serangga.
3. Menghasilkan kayu dan bagian lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup manusia Sebagai bahan baku industri, antara lain, kertas, obat – obatan, kosmetik, dan tekstil.
4. Menjadikan lingkungan asri, teduh, dan tidak gersang.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya