Home » Kongkow » Biologi » Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Tumbuhan

Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Tumbuhan

- Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:00 WIB
Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Tumbuhan

Apa yang dimaksud dengan tumbuhan? Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang terdapat di alam semesta. Nah Otakers.. untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Tumbuhan dibawah ini. Cekidot…

Definisi Tumbuhan

Disekitar rumah kalian pasti banyak sekali tumbuhan bukan? Kira-kira Otakers sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan tumbuhan? Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di alam semesta kita, nah tumbuhan sendiri pada umumnya memiliki akar, batang dan daung. Pada umumnya tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan dari sinar matahari. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan makanan dan untuk proses fotosintesis. Tahukah kamu dalam ilmu biologi, tumbuhan termasuk organisme yang disebut Regnum Plantaeyang merupakan organisme multiseluler atau terdiri atas banyak sel.

Tumbuhan yang sering kita lihat ini memiliki sifat stationer, yaitu tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri. Tumbuhan pun bisa dibedakan menjadi beberapa golongan, diantaranya adalah tanaman hias dan tanaman buah. Tanaman atau tumbuhan hias mencangkup segala tumbuhan yang ditanam dengan tujuan menghasilkan estetika keindahan, oleh karena itu tidak heran jika tanaman hias ini memiliki jenis yang beraneka ragam. Sedangkan pengelempokan tumbuhan dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah tumbuhan laut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. Jenis-jenis tumbuhan sangatlah beragam, bahkan terdapat 375.000 spesies tumbuhan yang telah diidentifikasi dan masih banyak tumbuhan yang belum teridentifikasi.

Ciri-ciri Tumbuhan

Apa saja ciri-ciri tumbuhan? Ciri khusus tumbuhan yaitu autotrof atau dikenal dengan istilah mampu menghasilkan makanan sendiri dan bisa melakukan fotosintesis. Masing-masing kelompok tumbuhan maupun berbagai jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri khusus, tetapi berikut ini kami akan membhas ciri-ciri umum yang dimiliki oleh tumbuhan.

  • Ciri-ciri umum dari tumbuhan yang pertama adalah memiliki tiga organ penting, diantaranya akar, batang dan daun.
  • Tumbuhan masuk dalam organisme multiseluler, artinya tumbuhan memiliki banyak sel dalam tubuhnya dengan ukuran dan struktur yang kompleks serta setiap sel memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing serta selnya memiliki dinding sehingga sel tumbuhan kaku.
  • Sel pada tumbuhan memiliki membrane inti atau eukariot  (organisme dengan sel yang kompleks yang terdiri atas bahan-bahan genetika disusun menjadi nuklei yang terikat membran)
  • Tumbuhan memiliki klorofil (zat hijau daun) dan menyimpan cadangan makanan dalam bentuk amilum (pati).
  • Tumbuhan disebut sebagai autotroph, yaitu tumbuhan yang dapat membuat makanannya sendiri.
  • Tumbuhan dikenal juga dengan sifatnya yang stasioner, yaitu tidak dapat berpindah tempat dengan sendirinya.
  • Tumbuhan akan melakukan proses fotosintesis. Fotosintesis dalah proses yang dilakukan tumbuhan untuk membuat makanannya sendiri dengan bantuan dari sinar matahari, namun tumbuhan yang tidak memiliki klorofil tidak mampu melakukan proses fotosintesis.
  • Tumbuhan bisa bereproduksi secara seksual ataupun aseksual (vegetative dan generative). Jadi untuk mendapatkan individu baru, tumbuhan dapat berkembang secara seksual (kawin) yaitu melakukan proses reproduksi dengan melibatkan organisme lain (spesises sama), sedangkan secara aseksual dilakukan reproduksi tanpa melibatkan spesies yang sama dalam mendapatkan individu baru.
  • Sebagian besar tumbuhan mengalami pergiliran keturunan (haplodiplontik).

Manfaat Tumbuhan

Setiap makhluk hidup yang ada di semesta ala mini pasti saling bargantung satu sama lain atau salin memberikan manfaat satu sama lain. Nah Otakers pernah nggak sih bertanya-tanya apa saja manfaat tumbuhan? Berikut ini manfaat tumbuhan yang wajib kalian ketahui.

  • Tumbuhan sebagai penghasil oksigen, karena salah satu bahan yang dihasilkan oleh tumbuhan saat proses pembuat makanan adalah gas oksigen (O2). Perlu diketahui bahwa oksigen adalah bagian penting dari udara yang mana tumbuhn, hewan dan manusia membutuhkan oksigen untuk keberlangsungan hidupnya dan semua oksigen yang tersedia ini berasal dari tumbuhan.
  • Tumbuhan sebagai penghasil makanan, tumbuhan memiliki manfaat sebagai penghasil semua makanan baik untuk hewan maupun manusia.
  • Tumbuhan berperan penting dalam penemuan dan pembuatan obata-obatan. Beberapa jenis tanaman dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.
  • Tumbuhan bermanfaat sebagai sumber bahan bakar, karena tumbuhan dapat diolah menjadi bahan bakar alternative untuk menggantikan bahan bakar minyak.
  • Tumbuhan berpengaruh dan bermanfaat bagi perubahan iklim, misalnya tumbuhan mampu sebagai tempat naungan, memanaskan suhu dan melindungi hewan dari angin.

Nah otakers.. itulah penjelasan materi tentang Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Tumbuhan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kita yang lainnya ya. Salam dari Sabang sampai Merauke.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya