Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 13 Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah. Sehatkan Hunianmu!

13 Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah. Sehatkan Hunianmu!

- Selasa, 17 November 2020 | 15:00 WIB
13 Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah. Sehatkan Hunianmu!

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah tidak sebatas menjernihkan udara. Ternyata masih banyak lagi manfaat yang bisa kita rasakan, lo! Pada dasarnya, peran tumbuhan bagi lingkungan adalah untuk menjaga kondisi udara tetap sehat.

Mengingat kondisi bumi sekarang sedang tidak baik-baik saja; pencemaran di mana-mana dan berujung pada intensnya pemanasan global. Maka dari itu banyak yang mengkampanyekan gerakan menanam pohon dan penghijauan pada lingkungan sekitar ‒ mulai dari lingkup terkecil, yaitu rumah. Ini daftar manfaat yang bisa kamu rasakan:

  • Menciptakan ruang terbuka hijau
  • Membantu mengurangi pemanasan global
  • Memberikan suasana rindang
  • Mempercantik lingkungan
  • Meredam bising jalanan
  • Mencegah genangan air
  • Menciptakan sumber makanan
  • Meningkatkan kualitas kesehatan
  • Pendingin alami
  • Media belajar anak

Simak penjelasan lebih lengkapnya, yuk!

13 Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah

1. Menciptakan Ruang Terbuka Hijau

tanaman rumah

Di negeri kita, Indonesia, lahan hutan kian menyusut akibat dampak dari penebangan liar dan pembangunan. Area hutan yang seharusnya memproduksi oksigen dan membantu menjernihkan udara kian berkurang. Kita bisa membantu negeri ini untuk tetap memiliki paru-paru yang sehat dengan ikut serta memulai gerakan menanam tumbuhan. Tumbuhan yang kita tanam di sekitar rumah juga bisa memberikan kontribusi baik terhadap kualitas udara di rumah kita dan lingkungan sekitar.

2. Membantu Mengurangi Pemanasan Global

pemanasan global

Dalam skala kecil, tumbuhan bisa berdampak besar dalam menjaga kualitas udara di sekitar rumah. Namun lebih dari itu, tanaman yang kita tanam di sekitar rumah juga turut berperan mengurangi pemanasan global. Sebab gerakan menanam dalam lingkup sekecil apapun, tetap memberikan dampak positif dalam mengurangi tingkat pemanasan global.

3. Memberikan Suasana Rindang

tanaman di halaman rumah

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah yang secara nyata kita rasa adalah suasana rindang ‒ khususnya jika menanam tanaman besar. Rimbun tanaman rumah memberikan suasana yang berbeda, rindangnya memberikan ketenangan pada rumah dan penghuninya. Pun tumbuhan yang ditanam dapat menyaring udara kotor dan menghadirkan udara sejuk.

4. Mempercantik Lingkungan

tanaman

Tanaman yang ditanam di sekitar rumah juga berfungsi sebagai penghias lingkungan rumah. Agar lebih cantik, pilihlah tanaman hias yang beraneka ragam dan membuat pagar hidup agar kesan natural lebih kentara.

5. Meredam Kebisingan

halaman rumah

Berada di pemukiman yang dekat dengan jalan utama memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Salah satu dampak yang kerap kali membuat jengkel adalah suara deru kendaraan yang memekakkan. Dengan menanam tumbuhan, khususnya pohon besar, suara bising kendaraan tersebut dapat diredam.

6. Mencegah Genangan Air

genangan air

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan rumah yang juga dapat dirasa adalah mencegah adanya genangan air. Mungkin beberapa orang lebih memilih menutup lahan dengan paving agar tidak timbul genangan air, tapi hal tersebut menghilangkan suasana natural. Beda halnya dengan menanam tumbuhan, genangan air tidak timbul karena terserap akar tanaman dan suasana natural semakin kuat.

7. Menciptakan Sumber Makanan

tanaman depan rumah

Tak melulu tanaman hias, kita bisa memilih tanaman produktif untuk menciptakan sumber makanan. Misalnya dengan menanam pohon berbuah atau tumbuhan lainnya yang berperan sebagai sumber makanan.

8. Meningkatkan Kualitas Kesehatan

rumah sehat

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan hidup yang jelas terasa adalah menjaga lingkungan rumah tetap sehat. Tumbuhan di halaman rumah dapat menyaring segala polusi dan menghadirkan udara bersih di sekitar rumah Potensi terpapar radikal bebas jadi berkurang.

9. Pendingin Alami

tanaman hias

Tumbuhan di sekitar lingkungan rumah akan menyaring karbon dioksida dan menggantinya dengan oksigen. Tak hanya itu, rindang pohon juga mencegah paparan sinar matahari berlebihan. Dengan dua hal itu, rumah jadi lebih dingin dan nyaman dihuni tanpa perlu memasang pendingin buatan.

10. Media Belajar Anak

anak berkebun

Tak perlu jauh-jauh ke taman hutan raya untuk mempelajari aneka tumbuhan, di lingkungan rumah yang rimbun ditumbuhi aneka jenis tanaman juga bisa. Anak-anak bisa belajar mengenai jenis serta struktur tumbuhan dan mencintai lingkungan sejak dini.

11. Sumber Obat-obatan

Beberapa tumbuhan yang dibudidayakan di halaman rumah bisa menjadi sumber obat-obatan alami, selain menjernihkan udara sekitar. Tanaman rumah yang bisa dijadikan obat di antaranya adalah jahe, kunyit, lengkuas, laos, temulawak, lidah buaya, daun sirih, jeruk nipis, dan sebagainya.

12. Mencegah Kekeringan

Selain bisa mencegah genangan air, manfaat tumbuhan yang utama adalah untuk mencegah kekeringan, apalagi ketika tiba musim kemarau. Hal ini karena akar-akar tumbuhan menyerap air sehingga air bisa tertahan tanpa langsung mengalir dan lalu menjadi air bawah tanah.

13. Mencegah Longsor

tanah longsor

sumber: kompas.com

Di dataran tinggi, khususnya daerah lereng, tumbuhan memainkan peran yang sangat penting untuk menahan tanah dari agar tidak terjadi longsor. Inilah salah satu alasan kenapa rumah-rumah yang berada di atas kondisi lahan seperti itu harus banyak-banyak menanam tumbuhan, khususnya pohon.

Semoga artikel ini bermanfaat ya

Cari Artikel Lainnya