Home » Kongkow » Biologi » Apa Peran Enzim dalam Metabolisme?

Apa Peran Enzim dalam Metabolisme?

- Rabu, 17 Februari 2021 | 10:42 WIB
Apa Peran Enzim dalam Metabolisme?

Peran enzim dalam metabolisme. Sebelumnya kita ulas sedikit ya mengenai apa itu metabolisme, metabolisme adalah perubahan moloekul dalam tubuh menjadi lebih kompleks dan sederhana, jadi ada 2 proses reaksi yang terjadi yaitu anabolisme dan katabolisme. Nah anabolisme merupkan perubaham molekulsederhana menjadi makromolekul ( lebih kompleks). Sedangkan katabolisme adalah perubahan pemecahan makromolekul yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Kedua reaksi tersebut terjadi dengan adanya keterlibatan enzim dalam reaksinya.

  1. Peran enzim

Enzim merupakan senyawa protein yang berguna untuk mempercepat laju reaksi-reaksi kimia dalam system biologi makhluk hidup, atau sebagai katalisator. Enzim dapat disebut juga biokatalisator. Katalisator adalah zat yang mempercepat laju reaksi kimia tetapi tidak mengubah kesetimbangan reaksi atau hasil zat akhir. Tanpa adanya enzim dalam tubuh kita maka reaksi-reaksi kimia dalam tubuh kita akan terjadi secara lambat.

  1. Komponen Enzim

Enzim (biokatalisator) adalah senyawa protein sederhana atau protein kompleks yang bertindak sebagai katalisator spesifik. Enzim yang tersusun dari protein sederhana jika diuraikan hanya tersusun atas asam amino saja, misalnya tripsin, kemotripsin, dan ,pepsin. Sementara itu, enzim yang berupa protein kompleks jika diuraikan tersusun atas asam amino dan komponen lain. holoenzim adalah enzim lengkap, terdiri atas komponen protein dan nonprotein. Komponen protein yang menyusun enzim disebut apoenzim. Penyusun enzim yang berupa komponen nonprotein dapat berupa komponen organik dan anorganik. Komponen organik yang terikat kuat oleh protein enzim disebut gugus prostetik, sedangkan komponen organik yang terikat lemah disebut koenzim. Beberapa contoh koenzim antara lain: vitamin B1, B2, B6, NAD dan koenzim A. Komponen anorganik yang terikat lemah pada protein enzim disebut kofaktor atau aktivator, misalnya beberapa ion logam seperti :

Zn2+, Cu2+, Mn2+, Mg2+, K+, Fe2+, dan Na+.

  1. Cara Kerja Enzim
  • Lock and Key Theory (Teori gembok dan kunci)

Teori ini dikembangkan oleh Fischer(1898).Enzim  digambarkan sebagai gembok yang  memiliki bagian kecil yang dapat mengikat subtract, bagian enzim yang aktif berikatan dengan subtract kita sebut sisi aktif. Subtrat diumpakan sebagai kunci yang akan berikatan dengan sisi aktif enzim.

Terdapat bagian dalam enzim yang disebut sisi alosterik yaitu diibaratkan sebagai sakelar yang dapat membuat kerja enzim menjadi cepat atau menurun. Apabila bagian ini berikatan dengan penghambat atau inhibitor maka kerja enzim akan terhenti sebaliknya apabila berikatan dengan aktifator maka enzim menjadi aktif kembali.

  • Induced Fit Theory Teori Ketepatan Induksi)

Sisi aktif enzim memiliki bentut yang fleksibel menyesuaikan bentuk subtratnya. Pada saat enzim bertemu subtract, enzim berubah sedemikian rupa sehingga cocok dengan subtratnya dan terbentuklah kompleks enzim subtract. Setelah terjadi reaksi dan produk hasil reaksi telah tersbentuk, enzim akan lepas.

  1. Penghambat aktivitas Enzim

Molekul atau ion yang menghambat jalan kerjanya enzim disebut inhibitor. Terdapat tiga jenis penghambat/inhibitor yaitu inhibitor reversible, inhibitor tidak reversible dan inhibitor alosterik.

  • Inhibitor reversible

Meliputi tiga jenis hambatan yaitu :

Baca Juga:

Sifat-sifat Enzim dan Penjelasannya

Cara Kerja Enzim dan Faktor yang Mempengaruhi Enzim

Pengertian dan Macam-macam Inhibitor Enzim

Inhibitor kompetitif

Zat zat penghambat memiliki bentuk seperti struktur subtract. Sehingga terjadi persaingan antara inhibitor dan subtract untuk dapat bergabung dengan sisi aktif enzim.

Inhibitor non kompetitif (hambatan tidak bersaing)

Penghambatan terjadi karena adanya zat penghambat pada sisi alosterik sehingga sisi aktif enzim mengalami perubahan bentuk sehingga enzim tidak dapat bergabung dengan subtract.

Inhibitor umpan balik

Produk akhir hasil reaksi dapat menjadi penghambat jalan kerjanya enzim. Akibatnya reaksi kimia berjalan lambat, reaksi akan kembali berjalan normal apabila hasil produknya disingkirkan.

  1. Inhibitor tak reversible

Hambatan ini terjadi karena adanya reaksi tidak reversible antara inhibitor dengan bagian tertentu pada enzim, sehingga bentuk enzim berubah. Inhibitor reversible pada umumnya terjadi karena adanya proses destruksi atau modifikasi sebuah gugus enzim.

  1. Inhibitor Alosterik

Molekul zat penghambat  tidak berikatan dengan sisi aktif enzim melainkan berikata dengan sisi alosterik enzim. Akibatnya sisi aktif enzim menjadi tidak aktif karena terjadi perubahan bentuk pada sisi aktif enzim.

  1. Sifat-sifat Enzim
  • Enzim merupakan biokatalisator
  • Enzim bekerja secara spesifik
  • Enzim berupa koloid
  • Enzim dapat bereaksi dengan subtract asam maupun basa
  • Enzim bersifat termolabil
  • Kerja enzim bilak-balik atau reversible

  1. Yang memperngaruhi kerja enzim
  • Suhu
  • pH
  • Konsentrasi Enzim
  • Zat-zat activator
  • InhibitorA

Sekian sampai disini dulu perjumpaan kita, semoga sahabat sahabat semua sekarang menjadi tahu apa itu enzim dan perannya dalam tubuh kita.

Sumber :
Biologi Enzim dalam metabolisme Enzim Biologi SMA SMP Biologi SMA Biologi SMP 5 fungsi enzim dalam bidang industri aktivitas enzim aktivitas enzim adalah aplikasi teknologi enzim dalam bidang farmasi apoenzim adalah bagaimana cara kerja enzim dalam mempercepat suatu reaksi bagian bagian enzim cara kerja enzim cara kerja enzim beserta gambarnya cara kerja enzim brainly cara kerja enzim dalam metabolisme cara kerja enzim pada tumbuhan cara kerja enzim pdf cara kerja enzim secara singkat contoh enzim enzim bekerja secara spesifik dan selektif enzim dan hormon pdf enzim fermentasi enzim pada tumbuhan dan fungsinya enzim pdf faktor apa saja yang mempengaruhi kerja enzim faktor yang mempengaruhi cara kerja enzim faktor yang mempengaruhi kerja enzim faktor yang mempengaruhi kerja enzim pdf gambar struktur enzim holoenzim adalah jelaskan ciri ciri enzim jelaskan fungsi enzim dan teori mengenai cara kerja enzim jelaskan struktur enzim apoenzim jelaskan struktur enzim koenzim jelaskan struktur kimia penyusun enzim jurnal enzim pdf karakteristik enzim koenzim adalah komponen enzim kondisi optimum enzim adalah laporan enzim laporan enzim pdf materi kuliah biokimia enzim pdf mekanisme kerja dan sifat enzim mekanisme kerja enzim peranan enzim dalam bioteknologi pdf peranan enzim dalam kehidupan peranan enzim dalam kehidupan mikroba perbedaan enzim dan protein persamaan enzim dan hormon ppt enzim dan metabolisme ppt enzim sma prinsip pengukuran aktivitas enzim sifat enzim struktur enzim struktur enzim pdf struktur kimia penyusun enzim bagian bagian enzim cara kerja enzim enzim adalah Navigasi Halaman sifat enzim berdasarkan gambar sifat enzim sebagai biokatalisator sifat sifat enzim kecuali Sifat-Sifat Enzim struktur enzim Biologi SMP pencernaan anabolisme laju reaksi cara kerja enzim penghambat aktivitas enzim sifat enzim
Cari Artikel Lainnya