Home » Kongkow » Biologi » Pengertian Tumbuhan, Manfaat dan Contoh Tumbuhan

Pengertian Tumbuhan, Manfaat dan Contoh Tumbuhan

- Rabu, 09 September 2020 | 11:00 WIB
Pengertian Tumbuhan, Manfaat dan Contoh Tumbuhan

Tumbuhan adalah salah satu organisme makhluk hidup yang dapat memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Kehidupan dari tumbuhan sangatlah berguna dan memliki banyak manfaat sebagai penopang kehidupan hewan dan juga manusia.

A.Contoh Tumbuhan

Berikut ini adalah beberapa contoh tumbuhan beserta gambarnya

1. Kaktus (Cactaceae)

Tumbuhan kaktus ini adalah merupakan salah satu tumbuhan yang tahan terhadap panas terik matahari. Hal ini dikarenakan habitat dari tumbuhan ini memang berada pada tempat yang kering dan tandus.

2. Tumbuhan Bakau (Rhizophora)

Tumbuhan bakau merupakan jenis tumbuhan yang dapat hidup di daerah pinggiran pantai, ciri ciri dari tumbuhan ini adalah sebagai berikut:

  • Memiliki akar tunjang yang berfungsi sebagai penopang tubuhnya dan untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitar pantai.
  • Berfungsi untuk mencegah terjadinya abrasi

3. Jagung (Zea Mays sp)

Jagung adalah salah satu alternatif yang dapat dimakan selain padi, hal tersebut dikarenakan jagung juga memilki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Bagi beberapa orang yang ada di Amerika dan Asia, jagung dimanfaatkan sebagai makanan pokok serta bahan utama dalam membuat jenis roti. Pengolahan jagung untuk dikonsumsi sangat beragam, 2 diantaranya yang sering dilakukan adalah dengan cara merebus dan dengan cara dibakar.

4. Kelapa (Cocos Nucifera)

Kelapa adalah salah satu tanaman monokotil karena kelapa memenuhi persyaratan yang di miliki oleh jenis tumbuhan monokotil. Sehingga jika anda masih bingung maka anda bisa melihat secara langsung pohon kelapa yang ada di sekitar anda.

Di wilayah ini banyak petani kelapa yang selalu mengolahnya menjadi berbagai macam makanan ataupun kebutuhan lain. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari pohon kelapa adalah :

  • Airnya dapat diminum sebagai obat alergi
  • Buahnya dimanfaatkan untuk dibuat santan
  • Untuk dibuat minyak kelapa
  • Daunnya yang dapat dijadikan sebagai anyaman

5. Jahe (Zingiber Officinale)

Jahe adalah salah tanaman yang memiliki senyawa keton yang kuat sehingga dapat menciptakan rasa pedas apabila dikonsumisi. Di lingkungan kita sendiri jahe terbagi atas 3 macam, yaitu:

  • Jahe merah
  • Jahe putih dan
  • Jahe gajah.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari jahe adalah:

  • Untuk mengatasi perut kembung
  • Dapat dijadikan obat untuk mengatasi batuk
  • Untuk mencegah perut buncit
  • Dapat mengobati sakit gigi
  • Sebagai obat antioksidan dan dapat mencegah terserang dari penyakit kanker.

6. Putri Malu (Mimosa pudica )

Putri malu adalah tumbuhan yang unik, karena ketika daunnya disentuh maka ia akan segera menutupnya.

Hal inilah yang kemudian membuat tanaman ini disebut sebagai putri malu. Gerakan reflek yang dimiliki oleh putri malu ini disebut sebagai gerak seismonasti yaitu gerak reflek yang disebabkan oleh rangsangan sentuhan.

Beberapa manfaat dari tumbuhan putri malu adalah :

  • Untuk mengatasi penyakit bronkitis
  • Mengatasi insomnia akut
  • Sebagai penurun demam serta sebagai obat batuk

7. Pohon Jarak (Ricinus Communis)

Pohon jarak adalah salah satu tanaman liar yang sering kita temukan di lingkungan sekitar.

Meski tergolong tanaman liar, tumbuhan ini memiliki kandungan zat yang bermanfaat seperti mengandung kalium, fosfat, amirin, beta glukanase serta renin. Dari senyawa tersebut, apabila diolah maka akan bermanfaat bagi tubuh manusia yang diantaranya adalah :

  • Dapat dijadikan obat sariawan
  • Dapat mengobati radang telinga
  • Mengobati sakit gigi
  • Penyembuhkan luka bakar
  • Sebagai obat rematik

8.Cabai

Cabai adalah jenis tanaman yang dipakai dalam berbagai jenis olahan makanan, tumbuhan cabai ini banyak di tanam dan di kembang biakkan oleh para petani, nah berikut ini adalah beberapa ciri ciri dari tanaman cabai:

  • Memiliki batang tanaman yang tegak lurus dan memiliki tinggi rata – rata 50 hingga 1 meter.
  • Memiliki bentuk daun yang agak bulat dan juga oval dengan bagian ujung daun meruncing.
  • Memiliki bentuk bunga yang keluar dan berada pada ketiak daun yang mempunyai kelopak bunga hingga sekitar 5 hingga 6 kelopak bunga.
  • Buah dari cabai ini memiliki bentuk yang memanjang, pada cabe rawit memiliki panjang sekitar 1 hingga 5 cm dan memiliki warna hijau ketika masih muda kemudian berubah menjadi berwarna merah ketika sudah tua dan siap panen.

 

B. Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan

Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan kehidupan. Manfaat tersebut sangatlah penting bagi manusia agar dapat bertahan hidup. Berikut adalah manfaat tumbuhan bagi kehidupan yaitu diantaranya

1. Pelindung Sinar Matahari

Ketika siang hari saat cuaca terik, tumbuhan yang besar dapat membuat kita terhindar dari panasnya matahari dan membuat udara disekitar kita sejuk.

2. Sebagai Obat

Tumbuhan dapat membuat tubuh manusia sehat karena dapat dibuat menjadi obat dan ketika dikonsumsi akan membuat tubuh menjadi bugar. Manfaat ini sangatlah berguna karena dapat membantu kehidupan manusia lebih lanjut.

3. Tumbuhan Membersihkan Udara

Tumbuhan dapat membantu menyerap gas karbondioksida dan merubahnya menjadi oksigen untuk dilepaskan kembali ke udara.

Tumbuhan dapat membersihkan udara yang kotor, yang mana disebabkan oleh polusi udara asap kendaraan bermotor, asap rokok, gas-gas jahat yang meliputi nitrogen, amonia, sulfur dioksida dan ozon dan menyaring debu atau kotoran di udara, mengikatnya pada daun dan ranting.

4. Tanaman sebagai Bahan Sandang

Tanaman sebagai bahan sandang yaitu tanaman yang menghasilkan serat yang berpotensi untuk diolah menjadi pakaian. Tanaman tersebut, antara lain:

  1. Kapas ( Gossypium sp.)
  2. Linen (Linumusitatissimum)
  3. Kenaf (Hibiscus cannabinus L)

5. Tumbuhan sebagai Bahan Pangan

Manfaat tumbuhan bagi manusia utamanya, tidak lain adalah untuk dikonsumsi. Tumbuhan merupakan sumber protein nabati, sumber karbohidrat, lemak, vitamin, serat dan berbagai senyawa aktif lainnya yang dibutuhkan oleh manusia untuk tetap hidup dengan raga yang sehat. Mengkonsumsi tumbuhan dari berbagai jenis tumbuhan yang ada tentunya jauh lebih baik dan sehat dibandingkan dengan tidak melakukannya sama sekali.

Tumbuhan, baik yang memiliki daun maupun yang tidak memiliki daun dapat diolah dengan berbagai resep, menjadikannya sebuah kombinasi makanan yang lezat dan bergizi. Tumbuhan menjadi komponen yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, dengan mengkonsumsi banyak makanan yang berserat, pencernaan lebih lancar, kulit jauh lebih sehat dan cantik dan permasalahan rambut pun teratasi.

6.Tanaman sebagai Bahan Papan

Batang tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan rumah maupun perabotnya. Tumbuhan tersebut, antara lain:

  1. Pohon Kelapa (Cocusnucifera)
  2. Jati (Tectonagrandis)
  3. Randu (Ceibapentandra)
  4. Sengon (Albizziafalcata)
  5. Bambu (Bambusa sp.)
  6. Pohon Mindi (Meliaazedarach)
Cari Artikel Lainnya