999 +
0
152
0
Rumus Cepat Rambat Gelombang dan Contoh Soalnya!
3 weeks 'ago'

Untuk anda yang ingin belajar mengenai cepat rambat gelombang transversal dan mempelajari rumusnya maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu yang dimaksud dengan gelombang transversal.

Gelombang transversal merupakan gelombang yang memiliki arah rambat secara tegak lurus dengan arah getarannya. Gelombang ini juga termasuk dalam contoh gelombang mekanik yang membutuhkan medium sebagai media perambatnya.

Untuk menghitung gelombang transversal terdapat rumus cepat rambat gelombang transversal yang sama dengan rumus gelombang longitudinal.

Contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari yaitu gelombang air, gelombang cahaya, gelombang tali panjang yang digetarkan, dan gelombang air laut. Satu gelombang transversal yaitu satu bukit dan satu lembah.

Namun selain gelombang transversal juga terdapat gelombang longitudinal. Dimana untuk gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah rambatnya sejajar arah getarannya. Misalnya saja pada gelombang bunyi serta gelombang pada slinki.

Untuk satu gelombang longitudinal yaitu satu rapatan serta satu renggangan. Baik gelombang transversal maupung longitudinal memiliki rumus cepat rambat gelombang yang sama.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal

Gelombang transversal ini memiliki beberapa istilah dalam ilmu fisika antara lain simpangan yaitu jarak sebuah titik pada gelombang terhadap posisi yang setimbang.

Selain itu gelombang transversal disebut juga dengan puncak gelombang atau titik tertinggi pada gelombang, dasar gelombang yaitu titik terendah pada gelombang, bukit gelombang yaitu lengkungan yang berada pada bagian atas posisi setimbang.

Gelombang transversal disebut juga dengan lembah gelombang yaitu lengkungan yang ada di bagian bawah posisi setimbang serta amplitudo yaitu jarak puncak atau dasar gelombang terhadap posisi yang setimbang.

Dari penjelasan di atas maka untuk rumus cepat rambat gelombang transversal bisa dinyatakan sebagai berikut ini:

λ  = V x T atau λ  = V / f

maka : v = λ /T atau v = λ x f

f = n / t dan T = t / n

Rumus Cepat Rambat Gelombang

Gambar: Rumus Cepat Rambat Gelombang via Ilmudasar

Keterangan :

λ (lamda) = panjang gelombang (meter)

v  = cepat rambat gelombang (m/s)

f   = frekuenasi gelombang (sekon)

n  = jumlah gelombang

t   = waktu (sekon)

Panjang Gelombang

Panjang Gelombang

Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang

1.] Jika sebuah tali digetarkan sehingga membentuk gelombang yang panjang gelombang tali tersebut yaitu 40cm serta jika besaran periode gelombangnya adalah 2 sekon. Maka tentukan bilai cepat rambat gelombang tersebut !

Jawab :

λ = 40cm = 0,4 meter

t = 2 sekon

v = λ/t = 0,4/2 = 0,2 m/s

2.] Jika sebuah gelombang bergetar sebanyak 120 kali selama 1 menit serta panjang gelombannya 2 meter maka berapakah cepat rambat gelombang tersebut?

Jawab :

n = 120 kali

t = 1 menit = 60 sekon

λ = 2 meter

f = n/t

f = 120/60

f = 2Hz

v = λ x f

v = 2 x 2

v = 4m/s

3.] Sebuah gabus terapung pada puncak gelombang air laut dengan jarak dua bukit gelombang yang terdekatnya adalah 2 meter. Gabus tersebut berada di puncak bukit lagi sesudah 1 detik kemudian. Hitunglah cepat rambat gelombang serta panjang gelombang tersebut !

Jawab :

λ = 2 meter

f  = 1 Hz

v = λ x f

v = 2 x 1

v = 2 m/s

1 panjang gelombang yaitu jarak dua bukit berdekatan sehingga panjang gelombang adalah 2 meter.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai rumus cepat rambat gelombang transversal yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas bagi anda yang selama ini masih belum bisa membedakan antara gelombang transversal dan longitudinal maka kini sudah tak perlu khawatir lagi.

Sebab penjelasan di atas cukup jelas dan singkat sehingga mempermudah anda mempelajari tentang cepat rambat gelombang.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow