Home » Kongkow » Biologi » Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Beserta Tabel

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Beserta Tabel

- Rabu, 28 Juli 2021 | 14:00 WIB
Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Beserta Tabel

Hai otakers, sudahkah kalian mengetahui apa saja perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik? Jika belum kalian bisa simak penjelasan lengkap yang akan dibahas dibawah ini, namun sebelum itu kalian perlu memahami tentang sel terlebih dahulu ya.

Sel adalah unit terkecil yang menyusun setiap organisme. Sel juga dapat melaksanakan fungsi hidupnya sendiri dan berkembang biak dengan cara bereplikasi atau memperbanyak diri. Sel juga diartikan sebagai penyusun tubuh suatu organisme.

Pembagian sel berdasarkan jumlah yang dimiliki makhluk hidup dibedakan menjadi dua, yaitu organisme uniseluler dan organisme multiseluler.

Pada organisme uniseluler, tubuhnya terdiri atas satu sel sehingga seluruh kegiatan hidupnya dilaksanakan oleh sel itu sendiri. Misalnya pada Amoeba, Virus, Bakteri dan lain-lain. Sedangkan untuk organisme multiseluler, tubuhnya tersusun dari banyak sel yang memiliki fungsi masing-masing.

Pengertian Sel Prokariotik

Sel Prokariotik memiliki istilah prokariota sendiri yang berasal dari bahasa Yunani yakni pro artinya sebelum kariota artinya kacang atau biji.

penjelasannya yaitu prokariotik adalah sel yang belum memiliki sebuah membran inti atau inti selnya belum terbungkus pada membran inti. Contoh pada makhluk hidup yang memiliki sel prokariotik yaitu bakteri dan juga sianobacteria.

Pengertian Sel Eukariotik

Sel Eukariotik memiliki istilah yang berasal dari bahasa Yunani yakni eu artinya baik dan kariotik artinya kacang atau biji.

Penjelasannya yaitu sel eukariotik adalah sel yang memiliki sebuah membran inti atau inti selnya sudah terbungkus oleh membran inti.

Karena telah terbungkus oleh membran inti maka sel eukariotik bisa dengan jelas sekali perbedaan inti pada bagian lainnya, jadi materi genetik sel itu tidak akan tersebar. Telah diteliti bahwa sel hewan dan sel tumbuhan merupakan contoh dari sel eukariotik.

Baca Juga :

Struktur dan Karakteristik Sel Prokariotik

Pengertian, Struktur, dan Fungsi Sel Eukariotik

Perbandingan Sel Prokariotik Dengan Sel Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

1. Inti sel

Pada sel prokariotik tidak memiliki sebuah membran inti atau disebut juga nucleus tidak nyata dan dapat tersebar dalam sitoplasma. Tetapi jika pada sel Eukariotik memiliki sebuah inti sel yang nyata dikarenakan memiliki sebuah membran inti.

2. Ukuran sel

Diameter pada Sel prokariotik yaitu 0,2 – 2.0 µm dan jika diameter pada sel eukariotik yaitu 10 – 100 µm. Dapat dilihat bahwa sel eukariotik memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sel prokariotik.

3. Organel terbungkus membran

Hanya terdapat didalam sebuah sel eukariotik,  semua organel selnya terbungkus oleh membran seperti mitokondria, retikulum endoplasma, lisosom dan organel sel lainnya.

4. Flagela

Perbedaan dari kedua sel ini dapat di lihat juga dari flagellanya. Untuk sel prokariotik mempunyai kandungan dua protein penyusun. Sedangkan untuk sel eukariotik, flagelanya disusun atas banyaknya mikrotubula.

5. Glikokaliks

Jika pada sel prokariotik memiliki glikokaliks pada bentuk sebuah kapsul atau lapisan lendir dan untuk sel eukariotik terdapat sebuah sel tetapi tidak memiliki sebuah dinding sel.

6. Dinding sel

Pada sel prokariotik memiliki sebuah dinding sel yang cukup kompleks dan memiliki kandungan peptidoglycan.sedangkan pada sel eukariotik dinding selnya hanya memiliki bentuk komposisi kimia yang sederhana.

7. Membran sel

Jika pada sel prokariotik memiliki membran sel yang tidak mengandung karbohidrat dan kurang memiliki kandungan steroid. Tetapi pada sel eukariotik memiliki kandungan steroid dan karbohidrat yang bisa berfungsi sebagai reseptor.

8. Sitoplasma

Jika pada sel eukariot memiliki sitoskeleton dan aliran sitoplasma tetapi jika pada sel prokariot tidak memiliki sitoskeleton.

9. Ribosom

Ukuran ribosom pada sel eukariotik lebih besar dibandingkan dengan sel prokariotik.

10. Susunan Kromosom (ADN/DNA)

Pada sel prokariot memiliki kromosom sirkular tetapi tidak memiliki kandungan histon sedangkan jika pada sel eukariot memiliki bentuk multiple linear dan memiliki kandungan histon.

11. Pembelahan sel

Pada sel prokariotik membelah diri dengan cara binari fisi tetapi untuk sel eukariotik dengan cara mitosis.

12. Reproduksi seksual

Pada sel prokariotik tidak bisa melakukan meiosis namun bisa melakukan suatu Konjugasi. Akan tetapi pada sel eukariotik bisa melakukan meiosis.

13. Permeabilitas membran inti

Jika pada sel prokariotik selektif dan pada sel eukariotik tidak.

14. Kloroplas

Hanya terdapat pada sebuah sel prokariotik tumbuhan saja.

15. Operon

Operon hanya terdapat pada sel prokariotik.

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik

Nahh otakers, agar kalian dapat memahami dengan singkat dan jelas coba perhatikan tabel perbedaan sel Prokariotik dan Eukariotik di bawah ini:

No

Pembeda

Prokariotik

Eukariotik

1

Asal Kata

Pro = sebelum dan karyon = bagian dalam biji (inti sel)

Eu = sejati dan karyon = bagian dalam biji (inti sel)

2

Organisme

Bakteri (Archaebacteri dan Eubacteria)

Protista, fungi, hewan dan tumbuhan

3

Lokasi DNA

Di sitoplasma (cairan sel)

Sebagian besar berada dalam nukleus

4

Bentuk DNA

Sirkular (membulat)

Memanjang

5

Ukuran sel

Umumnya 1-10 mikro meter

Umumnya 5-100 mikro meter

6

Metabolisme

Anaerob dan aerob

Aerob

7

Organel

Sedikit atau tidak ada

Nukleus, mitokondria, kloroplas, RE dan lain-lain.

8

Sitoplasma

Tidak ada sitoskeleton (rangka sel)

Sitoskeleton tersusun atas filamen protein.

9

RNA dan Protein

Disentesis pada beberapa kompartemen

Sintesis RNA di dalam nukleus, sementara protein di sitoplasma.

10

Organisasi seluler

Umumnya uniseluler

Umumnya multiseluler

11

Membran inti

Tidak memiliki membran inti

Memiliki membran inti dan organel-organel yang bermembran.

Baiklah otakers, itu tadi penjelasan mengenai beberapa perbedaan antara sel prokariotik dan sel eukaritok beserta tabel agar kalian mudah dalam memahaminya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya