Home » Kongkow » Multimedia » Pengertian PDF (Portable Document Format)

Pengertian PDF (Portable Document Format)

- Kamis, 10 Maret 2022 | 10:00 WIB
Pengertian PDF (Portable Document Format)

Apa itu berkas PDF?

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Saat ini, PDF adalah salah satu jenis berkas yang paling sering digunakan. Jika Anda pernah mengunduh formulir atau dokumen dari Internet, kemungkinan besar adalah berupa berkas PDF. Kapanpun Anda melihat suatu berkas yang berakhiran dengan ekstensi pdf (.pdf), maka berkas tersebut adalah berkas PDF.

Beberapa manfaat menggunakan PDF?

Suatu saat mungkin Anda membuat sebuah dokumen menggunakan Microsoft Word dan berbagi dokumen tersebut kepada orang lain sebagai berkas berekstensi docx (yang merupakan format berkas standar untuk dokumen Microsoft Word). Jika Microsoft Word tidak dipasang di komputer, maka berkas berekstensi docx tidak dapat dibuka. Selain itu, jika berkas tersebut akan dirubah (editing) maka beberapa format teks tidak dapat ditampilkan.

Berkas berekstensi PDF dimaksudkan untuk dilihat (bukan disunting atau diubah). Salah satu alasan mengapa PDF begitu populer adalah PDF dapat menyimpan format dokumen dengan utuh sehingga lebih mudah dibagikan. Berkas PDF juga terlihat sama pada perangkat apapun. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa semua orang dapat melihat berkas PDF dengan tampilan yang sama.

Beberapa Aplikasi Pembaca dokumen PDF

1. Adobe Reader, sebuah software freeware yang dikembangkan oleh Adobe untuk membaca file dokumen PDF tersedia untuk PC dan Mobile.
2. DigiSigner, sebuah alat pembaca file PDF dengan beberapa fungsi tambahan, ini tersedia versi gratis dan berbayar.
3. Evince, pembaca PDF Universal untuk GNOME.
4. Mozilla FIrefox, selain berfungsi sebagai browser, Firefox juga mampu membaca file PDF dengan basis java script.
5. Foxit Reader, sebuah software pembaca file PDF dengan berbagai fungsi tambahan seperti menambah kotak text, gambar, dan link.
6. Ghostview, Sebuah antarmuka grafis warisan untuk Ghostscript.
7. MuPDF
8. Okular
9. PDF.js
10. Qiqqa
11. Utopia Documents
12. Xpdf

Sementara untuk software pembuat PDF itu ada banyak, diantaranya Adobe ilustrator, Corel Draw, MicrosofOffice, LibreOffice dan masih banyak lagi. PDF juga bisa dibuat dengan aplikasi pengolah dokumen yang kadang-kadang harus menambahkan beberapa plugin ke dalam software tersebut.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya