Home » Kongkow » Fisika » Apa Perbedaan Tegangan dan Regangan?

Apa Perbedaan Tegangan dan Regangan?

- Rabu, 02 Februari 2022 | 12:00 WIB
Apa Perbedaan Tegangan dan Regangan?

Elastisitas merupakan kajian yang mempelajari perilaku suatu materal dalam keadaan elastis. Benda Padat memiliki berbagai sifat, contohnya seperti sifat Elastis dan Plastis.

Sifat Elastisitas benda padat artinya kemampuan benda untuk kembali ke bentuk awal ketika gaya yang bekerja pada benda tersebut ditiadakan. Salah satu benda yang biasa digunakan untuk perhitungan gaya elastis adalah pegas/per. Pegas/per jika ditarik akan bertambah panjang sedangkan jika ditekan, akan menjadi lebih pendek. 

Tegangan dan regangan merupakan konsep dasar dalam meninjau kekuatan elastisitas benda. Keduanya saling terkait satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan.

Baca juga: Pengertian Hukum Hooke beserta Teori dan Rumusnya

Tegangan adalah besarnya gaya yang diberikan oleh molekul-molekul terhadap luasan penampang.

"Besarnya tegangan adalah perbandingan antara gaya tarik yang bekerja terhadap luas penampang benda."

Persamaan tegangan dapat ditulis dengan rumus sebagai berikut:

Tegangan = F/A

Keterangan:
F = gaya (N)
A = luas penampang (m²)

Jika suatu batang yang luasnya A, setiap ujung batang tersebut mengalami gaya Tarik sebesar F yang sama besar dan berlawanan arah. Batang itu dikatakan mengalami tegangan. Apabila ditinjau sebuah irisan tegak lurus pada Panjang batang, tarikan oleh gaya F akan tersebar rata pada luas penampang A.

Oleh karena itu, tegangan didefinisikan sebagai perbandingan besar gaya F terhadap luas penampang bidang A. Tegangan dinotasikan dengan σ (sigma), satuannya Nm-2. 

Baca juga: Modulus Elastisitas dan Hukum Hooke Beserta Contoh dan Pembahasan

Regangan adalah pertambahan panjang suatu benda terhadap panjang mula-mula yang disebabkan oleh adanya gaya luar yang mempengaruhi benda. Regangan dapat diartikan juga sebagai ukuran perubahan dimensi yang terjadi akibat tegangan.

Secara matematis persamaan Regangan dapat ditulis dengan rumus sebagai berikut:

Regangan = ΔL/L

Keterangan:
ΔL = perubahan panjang (m)
L = panjang mula-mula (m)

Sumber :
Cari Artikel Lainnya