Home » Kongkow » Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan » 15 Peraturan-peraturan Permainan Sepak Bola

15 Peraturan-peraturan Permainan Sepak Bola

- Senin, 25 April 2022 | 13:00 WIB
15 Peraturan-peraturan Permainan Sepak Bola

Peraturan permainan sepak bola sebenarnya ada banyak, nah berikut ini 15 macam peraturan diantaranya:

1. Lapangan resmi sepakbola berdasarkan ketentuan FIFA memiliki panjang 90-120 meter (100-130 yard) dan lebar 4 -90 meter (50-100 yard).

2. Bola yang digunakan memiliki ukuran resmi yaitu keliling bola tak diperbolehkan melebihi 70 cm dan tidak pula boleh kurang dari 68 cm kecuali bola yang digunakan oleh pemain di bawah 12 tahun, biasanya ukurannya 64-68 cm.

3. Sepakbola dimainkan oleh dua tim dengan jumlah masing-masing pemain dalam satu tim adalah 11.

4. Dilarang menggunakan aksesoris semacam anting, gelang dan kalung.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Sepak bola dan Penjelasannya

5. Suatu pertandingan sepak bola wajib dipimpin oleh wasit yang bertugas sebagai pengadil di dalam lapangan.

6. Pertandingan sepak bola wajib disertai dengan 2 asisten wasit atau linesman.

7. Permainan sepak bola dilaksanakan dalam 2 babak dimana setiap babak memiliki waktu 45 menit. Adapun jeda di antara kedua babak tersebut tak bisa melebihi waktu 15 menit.

8. Kick off dilakukan saat memulai pertandingan di babak pertama, babak kedua, dan babak perpanjangan waktu serta terjadinya gol.

9. Bola Keluar atau out adalah kondisi dimana bola melewati garis lapangan. Bola out juga bisa terjadi karena wasit menghentikan pertandingan dengan alasan tertentu seperti misalnya ada pemain yang cedera.

10. Gol merupakan kondisi dimana bola masuk ke jaring gawang yang bukan karena sebab-sebab offside, pelanggaran, dan juga hands ball.

Baca juga: Peraturan Permainan Sepak Bola

11. Pelanggaran akan diganjar dua kartu yakni merah dan kuning. Kartu kuning berarti sebuah peringatan keras dan Merah berarti pemain harus meninggalkan permainan.

12. Free Kick atau Tendangan bebas bisa dilakukan pada wilayah tempat terjadinya pelanggaran.

13. Pinalti disebabkan adanya pelanggaran yang dilakukan di dalam area kotak terlarang, bisa dikarenakan hands ball atau pelanggaran lainnya seperti menjatuhkan pihak lawan.

14. Throw in atau lemparan ke dalam terjadi jika bola meninggalkan lapangan dan dilakukan oleh tim lawan.

15. Tendangan sudut adalah tendangan yang dilakukan oleh pemain di wilayah sudut lapangan karena bola menggelinding keluar lapangan melewati garis gawang. Bola sudut ini dilakukan bisa pada sudut kanan dan kiri, tergntung pada arah mana bola tersebut tadi keluar.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya