Home » Kongkow » Olahraga » Cara Melatih Reaksi dan Ketangkasan Bermain dalam Sepak Bola

Cara Melatih Reaksi dan Ketangkasan Bermain dalam Sepak Bola

- Senin, 01 Maret 2021 | 11:07 WIB
Cara Melatih Reaksi dan Ketangkasan Bermain dalam Sepak Bola

ASISTEN pelatih Garuda Select Danny Holmes berbagai model latihan ketangkasan di lapangan. Praktik latihan ini dilakukan dengan pemain Garuad Select, Rafli Asrul.

Latihan ketangkasan yang dilakukan kali ini adalah Reaction Square Dribbling dan Reaction Square Pass.

Kedua gerakan ini harus dilakukan oleh dua orang, satu bertindak sebagai pengarah dan satu lagi sebagai yang mencontohkan. 

Latihan ini bisa dilakukan di halaman rumah, atau di bidang kosong lain. 

Reaction Square Dribbling dilakukan dengan cara melakukan dua sentuhan dan bergerak ke arah cone pembatas yang diinstruksikan pelatih. 

Sedangkan, Reaction Square Pass adalah latihan mengenai proses penyelesaian satu sentuhan dengan pergerakan yang benar sebelum memasukan bola ke dalam gawang. 

Latihan ini menggunakan empat titik sebagai acuan, dua cone yang berada di depan dan belakang pemain peraga, serta dua gawang kecil yang berada di kanan dan kiri. 

Kedua gerakan ini membutuhkan konsentrasi penuh agar instruksi dari pengarah bisa dilakukan dengan baik. 

Seperti saat Coach Danny mengarahkan ke arah mana Rafli harus menggiring dan menendang bola. 

Pada dasarnya, gerakan ini bisa dilakukan selama satu menit. Namun, bisa divariasikan sesuai dengan waktu kita masing-masing.

Rafli Asrul mengatakan latihan seperti ini meningkatkan ketangkasan. Terutama saat mengambil keputusan harus mengoper dan menembak.

"Saya jadi serbaotomatis melakukan dua sentuhan dengan latihan seperti ini. Konsentrasi juga terlatih karena mengarahkan bola ke sudut sempit," tuturnya.*** 

Sumber : .
Cari Artikel Lainnya