Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa disebut

Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa disebut

- Senin, 25 Juli 2022 | 09:30 WIB
Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa disebut

Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa disebut Unsur.

Pembahasan

Unsur adalah Zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa. 

Dalam kimia, unsur adalah daftar yang ditampilkan dalam tabel periodik. Hingga kini jumlah dalam tabel periodik unsur adalah 118 unsur. Dari 118 unsur yang diketahui, 94 diketahui terjadi secara alami di Bumi. Yang lain disebut unsur sintetis. 

Unsur paling melimpah di kerak bumi adalah oksigen, sedangkan unsur paling melimpah di seluruh planet diyakini adalah besi. Sebaliknya, unsur yang paling melimpah di alam semesta adalah hidrogen, diikuti oleh helium.

Setiap unsur diidentifikasi menurut jumlah proton yang dimilikinya dalam inti atomnya dan dilambangkan dengan nomor atomnya atau simbol unsurnya. Simbol unsur adalah singkatan satu atau dua huruf. 

Huruf pertama dari simbol unsur selalu menggunakan huruf kapital. Huruf kedua, jika ada, ditulis dengan huruf kecil. Nama dan simbol unsur telah ditetapkan secara resmi oleh International Union of Pure and Applied Chemistry atau IUPAC.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya