Home » Kongkow » Biologi » Jelaskan Pengertian dari Fertilisasi dan Kehamilan?

Jelaskan Pengertian dari Fertilisasi dan Kehamilan?

- Selasa, 02 Agustus 2022 | 16:17 WIB
Jelaskan Pengertian dari Fertilisasi dan Kehamilan?

Fertilisasi adalah proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur sehingga membentuk zigot. Proses fertilisasi ini terjadi di dalam tuba fallopi.

Tahukah kamu bagaimanakah fertilisasi dan kehamilan terjadi?

Apabila ada sel sperma yang masuk ke dalam saluran reproduksi perempuan, sel sperma tersebut akan bergerak menuju sel telur. Apabila telah bertemu dengan sel telur, bagian kepala sperma akan masuk ke dalam sel telur dan meninggalkan bagian ekornya di luar sel telur. Proses inilah yang mengawali terjadinya fertilisasi.

Baca juga:

Gambar Alat Reproduksi Pria dan Bagiannya

Gambar Alat Reproduksi Wanita Beserta Penjelasannya

Tahukah kamu bagaimana sel sperma bergerak menuju sel telur?

Sel sperma menggunakan flagella yang bergerak memutar seperti baling-baling untuk menggerakan tubuh dalam cairan yang ada pada tuba fallopi untuk menuju sel telur. Gerakan flagella ini dapat dianalogikan dengan baling-baling untuk mendorong perahu.

Agar kamu dapat memahami mekanisme pergerakan sperma, perhatikan Gambar berikut.

Bagaimana sperma dapat menemukan lokasi sel telur?

Ada beberapa mekanisme sel sperma dapat menemui sel telur. Sel sperma dapat menemukan lokasi sel telur karena sel telur menghasilkan senyawa ki mia berupa hormon progesteron. Selain itu, juga karena adanya sensor panas (suhu tuba fallopi atau tempat sel telur ber ada, lebih tinggi di bandingkan suhu tempat penyimpanan sperma). 

Zigot yang terbentuk setelah terjadinya fertilisasi akan melakukan pembelahan, selanjutnya berkembang menjadi embrio yang akan menuju ke rahim kemudian tertanam (implantasi) ke dalam endometrium. Pada kondisi ini seseorang nantinya akan mengalami kehamilan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya