Home » Kongkow » Materi » Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

- Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:25 WIB
Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila selain sebagai dasar Negara, juga merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Nah Otakerss… pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa. Simak ulasannya berikut ini.

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila adalah suatu ideologi yang dipegang erat bangsa Indonesia. Istilah Pancasila diperkenalkan oleh sosok Bung Karno saat sidang BPUPKI I . Pancasila kemudian menjadi sebuah landasan berdirinya negara Indonesia. Nama Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas.Jadi artinya terdapat lima pedoman penting rakyat Indonesia didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila tersebut berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri. Bagi bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa. Pandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila menjadi acuan dan pedoman dalam penyelenggaraan negara termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa bisa diartikan bahwa nilai-nilai yang terdapat pada sila-sila Pancasila merupakan pedoman hidup bangsa yang harus diyakini dan diwujudkan bersama. Pandangan hidup menjadi elemen yang sangat penting bagi suatu bangsa dan negara demi terciptanya kehidupan bernegara yang teratur, aman, dan tentram. Tahukah kalian jika makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sebagai pedoman dalam penerapan nilai dan norma di kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Bagi bangsa Indonesia hakikat yang sesungguhnya dari pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara. Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa karena dijadikan masyarakat Indonesia untuk mengembangkan potensi sebagi makhluk individu dan makhluk social. Dimana hal ini bertujuan dalam rangka mewujudkan kehidupan bersama dengan satu pandangan hiduo bangsa dan satu pandangan hidup negara. Dengan kerangka acuan dasar yang jelas dan mendetail seperti Pancasila, suatu bangsa akan memiliki pedoman dan pegangan untuk memecahkan setiap masalah.

Berikut ini beberapa fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang wajib diketahui.

  • Pedoman dalam menyelesaikan masalah
  • Tata Cara Penyelenggaraan Politik, Ekonomi, dan Sosial
  • Berfungsi sebagai Alat Pemersatu Bangsa
  • Konsensus Untuk Mewujudkan Cita-Cita Bangsa

Oke Otakers, sekarang sudah paham kan mengapa Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Salam dari Sabang sampai Merauke.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya