Home » Kongkow » Pendidikan Kewarganegaraan » Makna, Tujuan dan Manfaat Kerjasama

Makna, Tujuan dan Manfaat Kerjasama

- Kamis, 25 Februari 2021 | 08:00 WIB
Makna, Tujuan dan Manfaat Kerjasama

Otakers, sebagai makhluk sosial kita telah memahami bahwa kita tidak dapat hidup tanpa adanya orang lain. Bukan sebagai ketergantungan akan orang lain, tapi ini dimaksudkan bahwa dalam suatu pekerjaan yang berat kita akan menjadi lebih mudah jika bisa dilakukan bersama-sama daripada bekerja sendiri. Itulah salah satu manfaat dari sebuah kerjasama.

Lalu apa itu Kerjasama?

 

Berikut ini beberapa pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli :

1. Charles H. Cooley

Sedangkan menurut Cooley kerjasama merupakan suatu kegiatan yang muncul ketika seseorang sadar bahwa mereka mempunyai tujuan dan keinginan yang sama dan juga mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup guna mencapai tujuan tersebut.

2. Pamudji

Menurut Pamudji, pengertian kerjasama ialah suatu pekerjaan yang dikerjakan/dilakukan oleh sekelompok individu yang melibatkan interaksi dan saling bekerjasama hingga tujuannya tercapai.

3. Tangkilisan

Adapun menurut Tangkilisan kerjasama merupakan sumber kemampuan dan kekuatan yang hadir di dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan pengaruh keputusan dan juga tindakan kelompok/organisasi.

4. Thomson dan Perry

Menurut mereka kerjasama adalah suatu kegiatan yang punya tingkat-tingkat berbeda dari mulai tahan koordinasi hingga terbentuknya kolaborasi di suatu kegiatan bersama.

Jadi apa itu kerjasama dalam pengertian umum?

Kerjasama adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih agar bisa mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Bisa juga diartikan sebagai sebuah tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih agar bisa mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama.

Tujuan Kerjasama

Tujuan menjalin suatu kerjasama adalah :

  • Meningkatkan rasio untuk mencapai suatu keuntungan.

  • Untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan dalam suatu negara.

  • Membuat pelaku kegiatan saling mengenal satu sama lain.

  • Menjadi sarana untuk mengemukakan opini dan pendapat.

Manfaat Kerjasama

Kerjasama juga memberikan sebuah manfaat, antaralain :

  • Dapat mempererat ikatan persaudaraan

  • Dapat menumbuhkan semangat persatuan

  • Pekerjaan lebih cepat terselesaikan

  • Pekerjaan terasa lebih ringan

  • Mendorong individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektiv dan efisien

Jenis-jenis Kerjasama

Berangkat dari istilah yang sederhana, kerjasama ternyata dapat diklasifikasi menjadi beragam bentuk tergantung dari jenis kepentingan dan berapa banyak orang yang tergabung dalam kerjasama tersebut. Berikut beberapa bentuk kerjasama yang umum dan paling mudah ditemui:

  • Tawar menawar atau Bargaining, ialah membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.

  • Koalisi atau Coalition, ialah gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.

  • Joint Venture, ialah kerjasama agar mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.

  • Cooptation, ialah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.

  • Kerjasama Asas Kerukunan, ialah kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.

Contoh Kerjasama

Setelah memahami pengertian kerjasama, manfaat dan tujuan, berikut dibawah ini adalah contoh dari kerjasama :

  • Contoh Kerjasama Dalam Lingkungan Rumah

    Lingkungan rumah merupakan lingkup terkecil dalam melakukan sebuah kerjasama, seperti menjaga kebersihan rumah. Di dalam keluarga biasanya sudah ditetapkan tugas-tugas anggota keluarganya dalam merawat kebersihan rumah seperti menyapu lantai, mencuci pakaian serta memotong rumput.

  • Contoh Kerjasama Dalam Lingkungan Sekolah

    Dalam lingkungan sekolah juga terdapat suatu kerjasama, sebut saja kegiatan piket harian. Para siswa yang mendapat giliran piket saling bahu membahu dalam membersihkan ruang kelasnya, hal ini tentu memperingan siswa dalam membersihkan kelas.

  • Contoh Kerjasama Dalam Lingkungan Masyarakat

    Bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat paling sering di lakukan. Misalnya melakukan gotong-royong, para warga saling membaur dan bersatu padu membersihkan lingkungan tempat tinggalnya agar menjadi bersih dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Demikianlah artikel mengenai Makna, Tujuan dan Manfaat Kerjasama. Semoga artikel ini bisa membantu yah!

Sumber :
Cari Artikel Lainnya