Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah

Serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah

- Selasa, 19 Juli 2022 | 16:00 WIB
Serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah

Serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah semut.

Pembahasan

Semut hidup dengan cara berkoloni dan terkenal memiliki rasa solidaritan yang tinggi terhadap kelompoknya. Bahkan semut akan lebih mementingkan kelompoknya jika dibandingkan dengan dirinya sendiri.

Misalnya, terjadi sebuah musibah yaitu banjir, maka semut akan bersatu menjadi sebuah rakit yang akan dinaiki oleh ratu semut dan juga telur semut. Para semut yang menjadi rakit rela berkorban dan lebih mementingkan keberlangsungkan kehidupan rekan-rekannya.

Bahkan suatu pepatah dari Tiongkok mengatakan ”satu semut mungkin dapat menghancurkan satu bendungan”, hal ini merujuk pada kesatuan dan solidaritas yang dimiliki oleh semut tersebut.

Semut juga mampu memecahkan masalah yang kompleks secara bersama sama melalui komunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Selain itu, pada saat semut bereksplorasi untuk mencari dan menemukan makanan, mereka meninggalkan jejak sebagai tanda untuk menunjukan lokasi makanan tersebut berada. Lalu ketika makanan tersebut telah habis, semut akan menghapus jejak sinyalnya agar yang lainnya tidak datang dengan sia-sia.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya