Home » Kongkow » Sejarah » Bentuk Kerjasama Indonesia dengan ASEAN dalam Bidang Pendidikan

Bentuk Kerjasama Indonesia dengan ASEAN dalam Bidang Pendidikan

- Kamis, 24 Februari 2022 | 10:54 WIB
Bentuk Kerjasama Indonesia dengan ASEAN dalam Bidang Pendidikan

 ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan sebuah organisasi yang menghimpun negara-negara di Asia Tenggara.

Pada awal pembentukannya, ASEAN hanya memiliki lima negara anggota. Saat ini ada sepuluh negara yang tergabung dalam keanggotaan ASEAN. 

Lima negara yang menjadi anggota pertama ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Kemudian sekarang keanggotaannya bertambah dengan kesertaan Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Baca juga: Pengaruh Kerja Sama ASEAN terhadap Pendidikan, Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Politik

Negara yang tergabung dalam ASEAN saling bekerja sama untuk memakmurkan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama yang dilakukan salah satunya adalah bidang pendidikan.

Apa saja bentuk kerjasama indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan?

1. Pengadaan Beasiswa Pendidikan

Negara-negara ASEAN saling memberikan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa di Asia Tenggara. Misalnya, negara Singapura memberikan beasiswa pengelolaan jasa pelabuhan udara, kesehatan, keselamatan kerja industri, komunikasi bahari, dan lainnya.

Baca juga: Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Sosial Budaya, Pendidikan, Politik dan Keamanan

Selain itu, ASEAN juga bekerja sama dengan negara luar kawasan Asia Tenggara misalnya ASEAN-Japan Schorlaship Fund.  ASEAN-Japan Schorlaship Fund adalah fasilitas beasiswa bagi negara-negara anggota ASEAN belajar di berbagai universitas ASEAN dan Jepang.

2. Mengadakan olimpiade di dalam bidang pendidikan

Olimpiade pendidikan seringnya diselenggarakan di dalam taraf regional Asia Tenggara, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2015 oleh Pertamina.

3. Mengadakan pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN

ASEAN Council of Teachers (ATC) merupakan bentuk pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN. ACT berperan penting untuk pendidik berdiskusi dan beragam ide-ide untuk mengembangkan kemampuan guru dan lingkungan belajar global.

Nah otakers, itulah beberapa bentuk kerjasama indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya