Home » Kongkow » Materi » Ideologi Pancasila dan Pengertiannya

Ideologi Pancasila dan Pengertiannya

- Senin, 10 Agustus 2020 | 16:52 WIB
Ideologi Pancasila dan Pengertiannya

Ideologi Pancasila (Pengertian, Makna, dan Fungsinya).

nilai nilai pancasila

Ideologi Pancasila adalah ideologi yang digunakan oleh Negara Indonesia Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini berarti bahwa semua nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia.

Agar kita memahami ideologi yang digunakan oleh negara Indoneisa. Pada artikel ini akan membahas tentang ideologi mulai dari makna, fungsi serta nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila.

 

Pengertian ideologi

Ideologi merupakan gabungan dari bahasa Yunani “ideos” dan “logos” yang berarti tujuan, cita-cita, sudut pandang, pemikiran dan pengetahuan. Ideologi merupakan seperangkat ide atau keyakinan yang menentukan cara pandang seseorang untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada pengetahuan.

Dari penjelasan diatas, dapat kita ketahui bahwa ideologi pancasila merupakan kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada lima sila dalam pancasila”.

Sehingga negara yang memiliki ideologi pancasila juga memiliki sebuah dasar negara yang berdasarkan pancasila. Dasar negara menjadi sebuah tatanan untuk mengatur penyelenggaraan negara serta menjadi pedoman hidup bernegara.

 

ideologi pancasila

Makna ideologi pancasila

Setelah memahami pengertian dari ideologi, kita perlu mengetahui bahwa pancasila sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia juga memiliki makna sebagai berikut :

  • Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi cita-cita yang hendak dicapai menjadi pedoman hidup dalam penyelenggaraan bernegara.

  • Pancasila disepakati bersama dan digunakan sebagai prinsip yang dipegang teguh dan menjadi sarana pemersatu bangsa Indonesia.

Kedua makna di atas menunjukkan bahwa pancasila menjadi fundamental dalam kehidupan bernegara di Indonesia. Apabila sebuah wilayah di Indonesia memiliki kebijakan tanpa berlandaskan pancasila maka secara otomatis aturan tersebut tidak berlaku.

 

Nilai-nilai ideologi pansasila

Pancasila memiliki lima sila yang memiliki nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan. Nilai-nilai ini menjadi dasar untuk hidup berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai tersebut adalah nilai yang bersifat objektif dan yang bersifat subjektif.

~ Objektif

Nilai-nilai pancasila memiliki sifat objektif yang berarti :

  • Rumusan dari sila Pancasila memiliki makna yang paling dalam.

  • Pancasila yang terdapat pada pembukaan UUD 1945 sebagai kaidah pokok yang mendasar

  • Nilai-nilai pancasila akan tetap ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia

~ Subjektif

Nilai-nilai pancasila bersifat subjektif yang berarti keberadaan nilai pancasila bergantung pada bangsa Indonesia sendiri. Hal tersebut dikarenakan :

  • Nilai-nilai Pancasila muncul dari bangsa Indonesia.

  • Terdapat nilai-nilai kerohanian yang terkandung di dalam pancasila.

  • Menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia.

  • Nilai-nilai Pancasila berasal dan tumbuh serta berkembang dari budaya bangsa Indonesia.

 

Fungsi ideologi pancasila

Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila digunakan sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa pancasila yang digunakan sebagai ideologi negara memiliki peranan atau fungsi yaitu:

  1. Sarana pemersatu bangsa Indonesia.

  2. Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan.

  3. Memberikan motivasi untuk menjaga dan memajukan jati diri bangsa Indonesia.

  4. Menunjukkan jalan serta mengawasi dalam upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam pancasila.

  5. Menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan negara.

  6. Menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Cari Artikel Lainnya