Home » Kongkow » Materi » Fungsi dan Kedudukan Pancasila

Fungsi dan Kedudukan Pancasila

- Senin, 10 Agustus 2020 | 17:35 WIB
Fungsi dan Kedudukan Pancasila

10 Fungsi dan Kedudukan Pancasila dan Penjelasannya

garuda pancasila

Pancasila sangat berperan penting bagi bangsa Indonesia, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maka dari itu kita perlu memahami pancasila. Sekarang mari kita pelajari fungsi dan kedudukan pancasila bagi bangsa Indonesia, berikut penjelasannya.

1. Sebagai Alas atau Dasar Negara Bangsa Indonesia

Setiap Negara pasti memiliki dasar atau fondasi sebagai pijakan yang kokoh untuk dapat berdiri.

Indonesia sebagai negara yang merdeka juga bediri kokoh karena sebuah pondasi yang disebut Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara berfungsi sebagai sumber dan kaidah hukum yang mengatur bangsa Indonesia baik itu rakyat, pemerintah dan wilayah.

Kedudukan Pancasila adalah sebagai penyelenggara negara serta kehidupan berbangsa dan bernegara, artinya dengan adanya Pancasila, negara dan bangsa memiliki pedoman.

 

2. Sebagai Pandangan Hidup

Pancasila adalah perwujudan dari apa yang telah di perjuangkan Indonesia dalam sejarah, kemudian terbentuklah watak, sikap, perilaku, etika dan nilai norma yang di jadikan pandangan hidup.

Pandangan hidup yang berisi nilai-nilai luhur dan mencerminkan sebuah bangsa.

Pandangan hidup berguna sebagai pedoman yang mengatur hubungan manusia dengan sesama makhluk hidup dan hubungan manusia dengan tuhan.

 

3. Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Ideologi merupakan ilmu yang berisikan prinsip atau pengertian-pengertian dasar.

Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia adalah hasil dari pemikiran Bangsa Indonesia.

Pancasila adalah cerminan dari nilai adat istiadat dan pandangan hidup masyarakat Indonesia, artinya pancasila tercipta dari pandangan hidup seluruh bangsa-bangsa yang ada di Indonesia.

 

4. Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila adalah ciri khas bangsa indonesia hal ini sangat tercermin dalam sikap mental ataupun tingkah laku sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lain.

Wujud peran pancasila mencerminkan kepribadian Bangsa Indonesia, inilah yang menjadikan Indonesia sangat berbeda dengan bangsa lain.

 

5. Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila merupakan nilai-nilai kehidupan yang ada pada kehidupan masyarakat indonesia, sebagai acuan hidup dan cita-cita yang ingin digapai yang sesuai dengan Bangsa Indonesia.

Pancasila adalah jiwa yang lahir bersamaan dengan adanya Bangsa Indonesia, itulah sebabnya pancasila sangat melekat pada kehidupan masyarakat indonesia.

 

6. Sebagai Sumber dari Segala Hukum

Seluruh hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dijalankan di Indonesia harus bersumber dari Pancasila, artinya peraturan atau hukum yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan Pancasila.

Sebab kehidupan Bangsa Indonesia semuanya berdasarkan Pancasila.

 

7. Sebagai Cita-cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Cita-cita dan tujuan Negara Indonesia terkandung dalam Pancasila. Dengan tujuan akhir mencapai masyarakat adil dan makmur secara material maupun spiritual yang didasari Pancasila.

 

8. Sebagai Perjanjian Luhur

Bangsa Indonesia terlahir atas perjanjian luhur yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa, yaitu Pancasila untuk di laksanakan, dilestarikan, dan di pelihara.

Pada sidang PPKI pada 18 Agustus 1945 Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar Negara Indonesia, wakil-wakil dari seluruh rakyat Indonesia berkumpul yang disebut dengan PPKI ini lah yang mengesahkan perjanjian luhur (Pancasila) tersebut.

 

9. Sebagai Falsafah Hidup

Pancasila adalah falsafah hidup yang mengandug nilai-nilai dan norma-norma yang diyakini paling benar, bijaksana, adil dan tepat bagi Bangsa Indonesia.

Pancasila adalah sarana untuk mempersatukan Bangsa Indonesia, dengan satu filosofi yang sama kita dapat bersatu dan menerima perbedaan.

 

10. Sebagai Paradigma dalam Pembangunan

Pancasila berperan sebagai paradigma dalam pembangunan nasional. Jadi, segala aspek pembangunan nasional wajib berlandaskan pada nilai dari sila-sila yang terkandung dalam Pancasila.

Cari Artikel Lainnya