Home » Kongkow » Materi » Ciri Pada Tumbuhan dan lingkungan hidupnya

Ciri Pada Tumbuhan dan lingkungan hidupnya

- Jumat, 13 November 2020 | 14:00 WIB
Ciri Pada Tumbuhan dan lingkungan hidupnya

Teman – Teman pasti tau kan bahwa tumbuhan juga termasuk makhluk hidup, tumbuhan memiliki ciri-ciri umum makhluk hidup seperti bergerak, namun pergerakannya bukan bergerak berpindah dari suatu tempat ketempat lain pergerakannya, namun bergerak menuju kearah cahaya, bernapas, berkembang biak, tumbuh dan berkembang, memerlukan makanan, memerlukan air, peka terhadap rangsang. Seperti halnya hewan yang memiliki ciri khusus, masing-Masing tumbuhan juga memiliki ciri khusus yang membedakan tumbuhan satu dengan yang lainnya. Sama dengan hewan tumbuhan juga beradaptasi dengan lingkungannya. Berikut ciri khusus yang dimiliki beberapa tanaman :

  1. Teratai

Apa kamu tau teratai? Dimanakah kita biasa menjumpai teratai?. Ya teratai adalah tumbuhan indah yang ada di permukaan air, dengan bentuk bundar, daun yang lebar dan tipis serta dengan bunga yang indah. Daun yang lebar serta tipis dan berbentuk lingkaran memudahkan tumbuhan teratai untuk berfotosintesis melakukan penguapan air sebanyak-banyaknya. Bunga teratai memiliki waktu-waktu tertentu memekarkan bunganya. Pada pagi hari bunga akan mulai bermekaran dan pada sore hari bunga teratai akan kembali menguncup setelah itu tenggelam dalam air lagi.

  1. Cemara

Habitat pohon cemara adalah di tempat suhu panas. Sehingga jika kita amati cemara memiliki bentuk daun yang runcing, hal ini berguna untuk mengurangi penguapan.

  1. Kaktus

Pernahkan kamu melihat kaktus?kaktus adalah salah satu tanaman yang banyak dikembangkan di Indonesia. Kaktus adalah tanaman tropis. Kaktus memiliki kemampuan bertahan hidup pada daerah panas. Kaktus memiliki batang yang tebal serta berwarna hijau berfungsi untuk menyimpan air yang digunakan saat kekeringan. Pada permukaan batang kaktus terdapat lapisan lilin bening. Permukaan batang kaktus dipenuhi dengan duri, duri-duri tersebut berfungsi untuk melindungi diri. Akar kaktus mempunyai ukuran yang panjang berguna untuk menelusuri sumber air dan makanan dalam tanah. Kaktus bahkan mampu hidup di daerah gurun.

  1. Kantung Semar

Kantung semar juga termasuk tanaman tropis. Sangat sulit sekali sekarang ini untuk dapat melihat secara langsung tumbuhan kantung semar. Kantung semar ini adalah tanaman pemakan serangga atau disebut juga insektivora. Seperti namanya kantung semar memiliki kantung yang di dalamnya terdapat cairan yang berfungsi untuk menarik perhatian serangga, cairan tersebut mengeluarkan bau menyengat sehingga mengundang serangga untuk masuk kedalam kantung tersebut. Ketika serangga masuk kekantung tersebut tutup kantung akan menutup rapat . Cairan tersebut juga berperan dalam mencerna makanan atau serangga yang masuk kekantung tersebut. Cara adaptasi kantung semar adalah adaptasi untuk mendapatkan makanan.

  1. Bakau

Bakau adalah tanaman yang hidup dipinggiran pantai. Tanaman bakau jika kalian pernah menemui tanaman ini maka kalian akan melihat akar-akar yang timbul disekitar permukaan air. Karena hidup di tempat yang kadar garamnnya tinggi bakau menyaring garam dengan akarnya dan jika berlebihan kadar garam yang diserap maka akan dikeluarkan melalui daun dan batang. Akar-akar yang timbul berguna untuk menyerap oksigen, akar ini disebut akar napas.

  1. Enceng Gondok

Enceng gondok hidup mengapung di air tawar. Tanaman ini memiliki batang daun yang berongga seperti spons yang berisi udara, gunanya agar enceng gondok dapat terus mengapung.

  1. Putri malu

 

Putri malu memiliki ciri khusus pada daunnya. Jadi daunnya akan mengatup saat disentuh. Putri malu sangat peke terhadap sentuhan.

  1. Pohon Jati

Pohon jati memiliki cara unik untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Pohon jati akan menggugurkan daunnya ketika musim panas atau kemarau, yang tujuannya adalah untuk mengurangi penguapan.

  1. Raflesia

Bunga raflesia mungkin hampir punah, sangat sulit sekali menjumpai tanaman ini. Tanaman ini memiliki cara menarik perhatian serangga, sama dengan kantung semar. Tumbuhan raflesia juga mengeluarkan bau menyengat dari cairan yang ada di tengahnya untuk menarik serangga agar masuk kedalam.

Nah itulah beberapa tumbuhan dengan ciri khusus yang dimilikinya, coba kamu lihat dipekarangan rumahmu, ada tumbuhan apa saja disana?, kemudian coba cari informasi tentang ciri khusus yang dimilikinya. Baiklah sampai disini dulu materi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungannya pada tumbuhan. Semoga bermanfaat ya sahabat.

Cari Artikel Lainnya