Home » Kongkow » Rekayasa Perangkat Lunak » Apakah Fungsi RAM Pada Komputer?

Apakah Fungsi RAM Pada Komputer?

- Selasa, 26 April 2022 | 09:06 WIB
Apakah Fungsi RAM Pada Komputer?

Sebagian besar komputer modern sering melakukan lebih dari satu tugas sekaligus. Sementara Anda menggunakan komputer Anda untuk menelusuri Web, Anda mungkin juga bermain musik dan men-download file.

Ketika Anda melakukan hal-hal ini, komputer Anda menggunakan Random Access Memory untuk menyimpan data dari masing-masing program yang berjalan sehingga siap untuk memudahkan akses oleh prosesor komputer Anda.

Dasar

Saat komputer Anda berjalan, prosesor terus melakukan perhitungan pada data yang disimpan pada komputer. Semakin cepat prosesor, semakin cepat komputer Anda akan berjalan. Namun, sebagian besar data yang disimpan di komputer Anda disimpan pada hard drive dan komputer Anda dapat mengakses dan melakukan perhitungan pada data jauh lebih cepat daripada hard drive dapat menyediakan itu. Hal ini menciptakan hambatan kecepatan dalam sistem komputer. RAM jauh lebih cepat dan lebih mudah diakses oleh prosesor. Transfer informasi komputer yang mungkin perlu dalam waktu dekat ke RAM sehingga ketika prosesor membutuhkan akses ke sana, itu mudah diakses, sehingga mengurangi hambatan kecepatan.

Multi-Tasking

Ketika Anda memulai program atau memuat file, komputer Anda mentransfer sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas ke dalam RAM. Itulah mengapa Anda mungkin kadang-kadang harus menunggu untuk sebuah program selesai memuat sebelum dimulai. Program biasanya tetap berada dalam memori sistem sampai Anda menutup mereka. Jika, saat Anda sedang multitasking, Anda terus membuka file baru atau program tanpa menutup yang lama, Anda akhirnya akan mengisi RAM komputer Anda. Ketika Anda melakukan ini, komputer Anda dipaksa untuk menggunakan bagian dari hard drive untuk menyimpan informasi, yang akan memperlambatnya.

Kecepatan

Jika Anda melihat bahwa komputer Anda melambat saat Anda sedang multi-tasking, Anda mungkin perlu meng-upgrade RAM-nya. Dengan menambahkan lebih banyak RAM atau meng-upgrade modul RAM yang saat ini diinstal dengan modul-dengan kapasitas yang lebih tinggi, Anda membiarkan komputer Anda untuk memuat informasi lebih lanjut ke dalam RAM tanpa harus menggunakan hard drive sebagai penyimpanan overflow.

Beberapa program, khususnya video game, akan mendapatkan keuntungan dari memiliki lebih banyak RAM yang terpasang bahkan jika mereka hanya program yang berjalan pada satu waktu. Program besar mungkin perlu memuat begitu banyak data yang mereka dapat mengisi RAM komputer sendiri, menyebabkan sistem berjalan lambat. Video game juga mendapat manfaat dari sistem dengan RAM lebih karena mereka dapat menyimpan lebih dari permainan di RAM pada satu waktu, sehingga mengurangi kebutuhan untuk loading layar.

Upgrade

Hampir semua komputer desktop dan kebanyakan komputer laptop memiliki slot RAM upgradeable. Pada komputer desktop, ini biasanya dipasang pada motherboard dekat prosesor. Mereka dapat berkisar pada angka dari dua sampai enam slot. Pada komputer laptop atau komputer Mac, Slot RAM upgrade yang mungkin lebih sulit untuk menemukan. Ini biasanya tersembunyi di bawah panel di bagian luar kasus ini. Ada berbagai jenis RAM, dan untuk sebagian besar mereka tidak kompatibel. Lihat intruksi manual komputer Anda akan memberikan informasi jenis RAM yang sesuai dengan komputer Anda dan bagaimana cara menginstalnya.

Cari Artikel Lainnya