Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Lapisan Matahari Beserta Gambarnya

5 Lapisan Matahari Beserta Gambarnya

- Jumat, 17 April 2020 | 07:30 WIB
5 Lapisan Matahari Beserta Gambarnya

Sang bintang pelita kehidupan bumi ini merupakan salah satu bintang alam semesta yang menjadi pusat dari tata surya bimasakti.

Matahari mempunyai struktur berupa gas yang menyerupai bola api raksasa. Walaupun matahari terusun oleh gas panas, namun kerapatan matahari akan lebih berbeda jika dilihat dari inti sampai dengan bagian terluarnya.

Lapisan Matahari

Inti Matahari memiliki kerapatan sekitar 150gr/cm3 sedangkan pada lapisan luarnya, yakni Korona memliki kerapatan 1×10 -15 gram cm3. Tidak dapat diketahui secara pasti bagaimana penyeberangan suhu pada matahari.

Suhu pada inti matahari sangatlah tinggi hingga mencapai 15 juta derajat kelvin, sementara itu pada bagian fotosfer atau lapisan permukaan bumi turun menjadi 6000 derajat Kelvin.

Pada lapisan matahari paling luar, Korona memilihi suhu yang meningkat drastis hingga 2 juta derajat Kelvin.

Para ilmuwan masih meneliti sebuah mitos tentang perbedaaan variasi suhu serta kerapatan pada bagian matahari dengan berbagai kajian penelitian dan instrumen.

1. Inti Matahari

√ 5 Lapisan Matahari Beserta Gambarnya [Lengkap]

Image Source: amuzigi.com

Inti matahari merupakan sumber energi utama yang tersusun atas dua sifat yakni terjadinya suatu kondisi reaksi nuklir.

Inti matahari terdiri atas elektron, proton, neutron dan atom yang saling berpadu membentuk inti plasma matahari. Gerakkan atom yang berkombinasi tersebut menghasilkan reaksi fusi nuklir untuk menyediakan energi matahari.

2. Zona Radiasi

√ 5 Lapisan Matahari Beserta Gambarnya [Lengkap]

Zona ini merupakan wilayah luar inti matahari yang berguna sebagai tempat transformasi energi dari inti matahari ke seluruh permukaan matahari.

Zona radiasi memiliki suhu yang sedikit lebih rendah dibandingkan inti matahari.

Energi matahari dalam zona radiasi akan disebarkan secara acak menuju ke segala penjuru arah dari atom ke atom yang lain.

Setidaknya dibutuhkan 170 ribu tahun untuk melepaskan energi pada inti matahari agar dapat mencapai zona radiasi.

3. Zona Konveksi

√ 5 Lapisan Matahari Beserta Gambarnya [Lengkap]

Pada zona ini, panas matahari akan melakukan sebuah mekanisme baru untuk mencapai pada permukaan matahari.

Hal ini dikarenakan suhu zona luar konveksi turun drastis menjadi sekitar 2 juta derajat Kelvin dibandingkan zona radiasi bagian dalam yang mencapai 5 juta derajat Kelvin.

Pada zona ini juga energi panas dari matahari akan disalurkan lebih cepat dibandingkan zona radiasi.

Baca Juga :

Kegunaan Energi Panas Matahari Bagi Kehidupan Manusia

Perkiraan Warna Matahari dari Beragam Planet​​​​​​​

4. Fotosfer

√ 5 Lapisan Matahari Beserta Gambarnya [Lengkap]

Lapisan ini merupakan salah satu bagian dari permukaan matahari yang dapat kita amati dengan bantuan media teleskop. Suhu di dalam fotosfer berkisar mulai dari 5.800 derajat Kelvin.

Energi yang dihasilkan dari Fotosfer sebagian besar cahayanya diterima oleh Bumi. Cahaya matahari dari fotosfer menuju Bumi hanya membutuhkan waktu 8 menit.

5. Atmosfer

Atmosfer Matahari merupakan bagian Matahari yang berada diatas fotosfer. Atmosfer dapat diamati menggunakan teleskop yang beroperasi di seluruh spektrum elektromagnet, mulai dari radio hingga cahaya tampak sampai sinar gamma, dan terdiri dari lima zona utama: suhu rendah, kromosfer, wilayah transisi, korona, dan heliosfer.

  • Suhu Rendah

Suhu rendah merupakan lapisan terdingin Matahari yang terletak sekitar 500 km di atas fotosfer dengan suhu kurang lebih 4100 K(Kelvin).

  • Kromosfer

Kromosfer memiliki ketebalan sekitar 2.000 meter dengan posisinya yang berada di atas lapisan fotosfer. Energi dalam kromosfer terus menyebar seiring dengan radiasi dan warna kemerahan yang selalu dipancarkan .

  • Zona Transisi

Suhu pada zona transisi cenderung naik drastis hingga mencapai 2 juta derajat Kelvin. Zona ini juga memiliki ketebalan sekitar 100 km.

Para ilmuwan masih menyelidiki apa sebab dari suhu matahari yang cenderung meningkat di luar permukaan inti.

  • Korona

Korona merupakan lapisan terluar matahari. Lapisan ini terlihat seperti mahkota dalam gerhana matahari.

Partikel korona dapat mengganggu kehidupan di bumi jika paertikel tersebut mencapai orbit bumi. Jika terjadi gerhana matahari, korona akan terlihat sangat tipis dan samar-samar .

  • Heliosfer

Heliosfer dianggap sebagai atmosfer terluar tipis Matahari, membentang ke luar melewati orbit Pluto hingga heliopause yang membentuk batas dengan medium antarbintang.

Demikian penjelasan kami mengenai lapisan matahari lengkap dengan gambarnya. Semoga bermanfaat.

matahari akibat dari posisi bulan akibat revolusi bumi akibat rotasi bumi aktivitas matahari apakah yang dimaksud dengan merkurius bagian bagian matahari bulan adalah satelit bumi yang ciri ciri komet ciri ciri matahari sebagai bintang ciri ciri planet yang dihuni makhluk hidup definisi dan manfaat matahari energi matahari berasal dari reaksi fotosfer adalah gambar dan sebutkan bagian bagian susunan lapisan matahari gambar matahari dan kegunaannya gas penyusun matahari jarak bumi ke matahari jelaskan bagian-bagian matahari jelaskan gerhana matahari dan gerhana bulan jelaskan karakteristik tata surya jelaskan masing-masing anggota tata surya karakteristik bintang karakteristik energi air karakteristik energi angin karakteristik matahari karakteristik matahari brainly karakteristik merkurius komponen penyusun bumi korona korona dapat dilihat pada saat lapisan bumi lapisan matahari lapisan matahari brainly lapisan matahari dari paling luar ke dalam lapisan matahari terdiri dari macam lapisan matahari urut dari dalam ke luar adalah lapisan matahari yang menghasilkan cahaya terang dan menyilaukan mata adalah lapisan medan magnet yang menyelubungi planet materi ipa tentang matahari pengertian merkurius penjelasan struktur matahari perbedaan kromosfer dan korona revolusi matahari sebut dan jelaskan bunyi hukum kepler sebutkan bentuk dan ciri serta ukuran bumi sebutkan dan jelaskan bagian-bagian matahari sebutkan lapisan matahari sebutkan tiga aktivitas matahari struktur matahari yang bukan merupakan lapisan matahari adalah manfaat matahrai pagi corona virus corona tips kesehatan kesehatan berjemur waktu terbaik berjemur coronavirus covid-19
Cari Artikel Lainnya