Home » Kongkow » Film » 5 Film Tanah Air yang Cocok Ditonton di Hari Pahlawan

5 Film Tanah Air yang Cocok Ditonton di Hari Pahlawan

- Selasa, 10 November 2020 | 10:00 WIB
5 Film Tanah Air yang Cocok Ditonton di Hari Pahlawan

Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Peringatan ini merujuk pada pertempuran hebat rakyat Indonesia pada 10 November 1945 di Surabaya. Pada pertempuran tersebut, banyak rakyat gugur dan mendapat gelar pahlawan karena membela negara.

Untuk memperingati Hari Pahlawan, banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari upacara, membuat festival hingga menonton film-film bertemakan pahlawan untuk mengingat jasa perjuangannya mempertahankan Tanah Air. Berikut sederet rekomendasi film bertemakan pahlawan yang wajib masuk daftar tontonan.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

IMDb

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini mengisahkan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia dengan tokoh utama Presiden RI Pertama, Soekarno. Film ini juga menceritakan tentang kisah hidup Soekarno sejak kecil sampai dirinya menjabat sebagai Presiden RI.

2. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

IMDb
Perjuangan Guru Bangsa, Tjokroaminoto ditampilkan dalam film garapan Garin Nugroho. Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal H.O.S. Tjokroaminoto memperjuangkan hak dan martabat masyarakat bumiputera pada masa penjajahan.

3. Jenderal Soedirman (2015)

 IMDb
Mengisahkan tentang perjuangan Jenderal Soedirman saat menghadapi serangan Agresi Militer ke II Belanda. Di film yang disutradarai Viva Westi ini juga menampilkan beberapa tokoh besar lainnya seperti Soekarno, Moh. Hatta, Tjokropranolo, dan Tan Malaka yang membantu perjuangan Jenderal Sudirman.

4. Wage (2017)

Judul diambil dari nama tokoh Wage Rudolf Soepratman, seorang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Disutradarai oleh John De Rantau, film ini menceritakan tentang kehidupan W.R. Soepratman dan menunjukkan sisi lainnya yang belum diketahui oleh banyak orang.

5. Kartini (2017)

IMDb


Film yang sangat inspiratif ini bercerita tentang seorang perempuan berpikiran maju di zamannya bernama Kartini. Ia lahir dari ibu yang bukan keturunan ningrat dan ayah yang merupakan seorang bangsawan terkemuka. Lewat tulisan-tulisan yang dibuatnya, Kartini memperjuangkan hak kaum wanita.

Nah itulah sederet film Tanah Air bertemakan pahlawan yang menginspirasi. Film mana saja yang sudah ditonton?

Cari Artikel Lainnya