Home » Kongkow » Soal Dan Pembahasan » Fungsi patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan adalah fungsi

Fungsi patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan adalah fungsi

- Selasa, 19 Juli 2022 | 16:30 WIB
Fungsi patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan adalah fungsi

Fungsi patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan adalah fungsi monumen.

Pembahasan

Patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya. Seni patung merupakan sebuah karya seni yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Hasil karya seni patung biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (seperti dengan tanah liat), atau kasting (dengan cetakan). Orang yang menciptakan seni rupa patung disebut dengan pematung.

Berdasarkan bentuknya, karya seni patung dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu Figuratif dan Nonfiguratif.

a. Figuratif merupakan bentuk patung yang dibuat dengan meniru bentuk secara alamiah, Misalnya : manusia, hewan atau tumbuhan. Bentuk karya ini dibuat secara utuh sesuia dengan keasliannya.

b. Nonfiguratif merupakan karya seni rupa patung yang dibuat tidak seperti bentuk figuratif, yaitu dibuat diluar bentuk aslinya. Bentuk ini biasanya menampilkan garis-garis melintang atau memanjang, lubang, lekukan, benda dll.

Berdasarkan fungsinya karya seni patung dibagi menjadi 6 jenis, yaitu

a. Patung Religi, Patung Religi dibuat dengan tujuan sebagai saran beribadah dan bermakna religius bagi sebagian umat beragama.

b. Patung Monumen, Patung Monumen dibuat untuk memperingati atau mengenang peristiwa dan kejadian yang bersejarah atau jasa seorang pahlawan di masa lampau.

c. Patung Arsitektur, Patung Arsitektur dibuat untuk menunjang dalam konstruksi bangunan dan bernilai estetika atau keindahan.

d. Patung Dekorasi, Patung Dekorasi dibuat dengan tujuan untuk menghias bangunan atau lingkungan taman, baik taman rumah maupun taman bermain.

e. Patung Seni, Patung Seni dibuat bertujuan sebagai karya seni murni untuk estetika yang hanya dinikmati keindahan bentuknya.

f. Patung Kerajinan, Patung Kerajinan biasanya dibuat untuk dijual, patung jenis ini dibuat oleh para pengrajin.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya