Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Hari Pahlawan 10 November 2021: Tema, Makna, dan Link Download Twibbon

Hari Pahlawan 10 November 2021: Tema, Makna, dan Link Download Twibbon

- Selasa, 09 November 2021 | 11:39 WIB
Hari Pahlawan 10 November 2021: Tema, Makna, dan Link Download Twibbon

Hari Pahlawan diperingati oleh warga Indonesia setiap tanggal 10 November. Peringatan ini merupakan hari bersejarah karena memperingati perjuangan para pahlawan di Surabaya berjuang melawan bangsa asing tahun 1945.

Peringatan Hari Pahlawan memiliki tujuan untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang, membangun ingatan kolektif untuk menggerakkan kesadaran masyarakat, dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada tahun 2021, peringatan masih dalam kondisi pandemi. Oleh karena itu, penting untuk mengingat kembali momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan.

Lantas apa tema dan makna Hari Pahlawan 2021? Berikut ulasannya dikutip dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos).

Tema dan Makna Hari Pahlawan 2021:

Tema Hari Pahlawan 2021

Dalam situs Kemensos dijelaskan bahwa tema Hari Pahlawan Tahun 2021 adalah "PAHLAWANKU INSPIRASIKU".

Arti dari tema tersebut, yakni setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing.

Semangat kepahlawanan itu perlu terus dipertahankan oleh warga Indonesia untuk mengenang para pahlawan.

Makna Hari Pahlawan 2021

Adapun makna dari tema dan logo Hari Pahlawan 2021 adalah:

1. Gambar Bambu Runcing

Tema Hari Pahlawan 2021 yang menggunakan bambu runcing dalam logo merupakan senjata yang digunakan oleh para pahlawan dalam mengusir penjajah. Penggunaan bambu runcing menjadi simbol keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme.

2. Simbol Menolong

Simbol menolong pada logo untuk tema Hari Pahlawan 2021 diibaratkan sebagai pahlawan yang rela mengorbankan hidupnya untuk menolong orang lain.

3. Gambar Buku

Gambar buku dalam logo tema Hari Pahlawan 2021 bermakna sebagai sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik para pahlawan. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

4. Bendera Merah Putih

Penggunaan bendera merah putih pada tema Hari Pahlawan 2021 merupakan simbolisasi bangsa Indonesia yang dulu diperjuangkan para pahlawan.

Selain itu, bendera juga merupakan warisan negara yang harus dijaga dengan mewujudkan tujuan bernegara, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

5. Kepalan Tangan

Kepalan tangan pada logo tema Hari Pahlawan 2021 merupakan simbol keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dengan simbol ini, diharapkan generasi sekarang memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Link Download Twibbon Hari Pahlawan 2021

Untuk meramaikan Hari Pahlawan 2021, kamu bisa unggah foto kamu di media sosial dengan template twibbon yang bisa kamu download di bawah ini.

1. https://www.twibbonize.com/twibbonharipahlawan2021new

2. https://www.twibbonize.com/pahlawanday003

3. https://www.twibbonize.com/pahlawanku005

4. https://www.twibbonize.com/pahlawanday006

5. https://www.twibbonize.com/haripahlawanms

Nah, itulah tema, makna, dan link download twibbon Hari Pahlawan 2021. Selamat Hari Pahlawan ya

Cari Artikel Lainnya