999 +
0
11794
0
Khasiat Daun Tujuh Duri Bagi Pengobatan Berbagai Macam Penyakit
4 months 'ago'

Daun tujuh duri atau daun tujuh bilah merupakan salah satu tanaman dari spesies kaktus berdaun yang dapat ditanam memalui budidaya biji benih. Tanaman yang memiliki nama latin Pereskia Sacharosa ini dapat tumbuh di berbagai tempat dengan iklim yang berbeda-beda. Meski begitu tanaman ini akan tumbuh secara optimal jika ditanam di negara yang memiliki ikim tropis seperti negara-negara yang ada di Asia Tenggara, Afrika, dan India Barat. Di Indonesia sendiri, anda akan dengan mudah menemukan tanaman ini di bernagai daerah. Tanaman ini mudah sekali menggugurkan daunnya saat cuaca panas dan kering, namun jika tanaman ini diberikan pengairan yang cukup secara rutin maka daunnya pun akan mudah tumbuh dengan sendirinya.

Tanaman ini lumrah disebut daun tujuh duri bukan tanpa alasan. Hal tersebut dikarenakan di sepanjang batang tanaman ini terdapat tujuh buah duri tajam yang meruncing. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai setinggi 5 meter. Tanaman asal Korea ini biasa dijadikan sebagai tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, diataranya kanker, ambien, gagal ginjal, infeksi, luka setelah operasi, darah tinggi, radang gusi, kencing manis, rematik luka bakar, dan masih banyak lagi. Tanaman yang juga berbunga ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya, alkaloid, protein, kalium, kalsium, serat, gula, karbohidrat, dan vitamin. Zat kalsium yang terkandung di dalam tanaman ini berfungsi sebagai penyeimbang kadar keasaman di dalam tubuh dan dapat memperkuat tulang dan gigi. Kalsium juga mampu membunuh sel-sel kanker yang terdapat di dalam tubuh manusia terutama sel-sel kanker yang menyerang usus besar, payudara, dan ovarium.

Dengan perannya yang begitu besar tersebut kandungan kalsium yang terdapat pada tanaman obat ini pun disebut-sebut mampu mengobati berbagai macam jensi kanker. Selain itu kalium atau mineral yang terdapat pada tanaman ini juga sangat bermanfaat untuk memperbaharui sel-sel jaringan yang terdapat di dalam tubuh manusia. Kalium juga dapat bekerja sama dengan kalsium dan berperan untuk menjalankan fungsi listrik di dalam tubuh manusia. Tanaman obat ini pun mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai jenis serangan bakteri, parasit dan kuman peyakit karena mengandung senyawa protein yang cukup tinggi. Selain itu protein yang terdapat pada tanaman ini juga mampu menjaga metabolisme tubuh agar berjalan sebagai mana mestinya. proses metabolisme yang berjalan dengan baik tentu akan membentuk kondisi tubuh yang sehat dan kuat, hal tersebut dikarenakan proses pencernaan dan penyerapan berbagai macam nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak terganggu oleh bakteri dan kuman penyakit.

 

Baca Juga :

Khasiat Bunga Wijayakusuma bagi Kesehatan

Khasiat Luar Biasa Rumput Laut bagi Manusia

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

 

Untuk proses penyembuhan, tanaman obat ini bisa diolah dengan berbagai macam cara seperti direbus, diseduh ataupun dimakan langsung. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara mengolah daun tujuh duri untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit yang bisa anda lakukan di rumah:
1. Untuk Pengobatan Penyakit Dalam

Untuk mengobati penyakit dalam seperti penyakit kanker, gagal ginjal, darah tinggi dan beberapa penyakit dalam lainnya, anda bisa mengolahnya dengan cara merebus daun tujuh duri ini dengan air mendidih. Cara mengolahnya adalah dengan mengambil 7 sampai 10 helai daun dan rebus dengan menggunakan air mendidih. Setelah daun tersebut direbus anda bisa menyaringnya lalu minum air rebusan daun tersebut 3 sampai 4 kali setiap hari secara rutin. Anda juga bisa menggunakan alternatif lain dengan mengolah tanaman obat ini sebagai minuman jus yang dapat dikonsumsi 2 sampai 3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan sedikit campuran buah-buahan ke dalam jus tersebut untuk menambah rasa dan agar lebih enak saat diminum. Dengan mengkonsumsi tanaman obat ini secara rutin maka penyakit kanker, gagal ginjal atau darah tinggi yang menyerang anda pun lambat laun akan membaik.

Daun tujuh duri ini juga mampu mengobati penyakit luar seperti luka bakar dan luka pasca operasi. Kandungan protein yang terdapat pada tanaman obat ini mampu memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak sehingga akan dengan mudah menyembuhkan luka yang terdapat pada kulit. Cara pengolahan daun ini untuk mengobati luka pun cukup mudah, anda hanya perlu mengambil 5 sampai 6 helai daun dan ditumbuk sampai halus. Setelah itu anda bisa langsung mengoleskan tumbukan daun tersebut pada area luka yang ada pada kulit anda. Lakukan hal tersebut setiap hari, hingga luka tersebut mengering dan sembuh.
3. Untuk Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Anda juga dapat mengkonsumsi daun tujuh duri ini untuk mencegah timbulnya berbagai macam jenis penyakit yang mungkin menyerang anda dengan cara memakannya sebagai salad atau lalap, anda juga bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan cara menyeduh 2 sampai 5 daun ini ke dalam air panas kemudian meminumnya secara rutin.

Mengkonsumsi tanaman herbal memang lebih aman jika dibandingkan dengan mengkonsumi obat-obatan yang mengandung senyawa kimia. Oleh karena itu anda tak perlu ragu lagi untuk segera mengkonsumi tanaman obat ini sebagai alternatif pengobatan penyakit yang mungkin sedang menyerang anda. Agar merasakan khasiat tanaman obat ini secara optimal maka anda sebaiknya memilih bagian daun yang masih muda atau bagian pucuk daunnnya. Selain itu anda juga sebaiknya tidak mencampurkan pengolahan tanaman obat ini dengan teh karena akan mengurangi khasiat dari tanaman tersebut. Demikianlah berbagai macam khasiat daun tujuh duri untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Sumber :
Follow Us On :
Lencana
Kongkow