0
17
0
Khasiat Luar Biasa Rumput Laut bagi Manusia
3 weeks 'ago'

Indonesia dikenal negara yang subur dan kaya akan sumber daya alam. Sebagai negara dengan luas wilayah laut lebih dari 70 %, salah satu kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan adalah sumber hayati. Selain ikan, alternatif hasil laut yang bisa diolah adalah rumput laut. Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga, masyarakat Eropa mengenalnya dengan sebutan seaweed. Tanaman ini adalah ganggang multiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tanaman sempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang dan daun. Jika kita amati jenis rumput laut sangat beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang.

Rumput laut biasanya hidup di dasar samudera yang dapat tertembus cahaya matahari. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).

Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kimia rumput laut terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan abu (22,25%). Selain karbohidrat, protein, lemak dan serat, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan makro mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium dan selenium serta mikro mineral seperti zat besi, magnesium dan natrium. Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.

Bila anda merasa kurang gizi banyak-banyaklah mengkonsumsi rumput laut, karena dapat menstabilkan makanan dan sangat penting untuk penderita bahkan penyakit yang dapat dibilang berat sekalipun seperti penyakit pembuluh darah jantung dan otak, menurunkan tekanan darah tinggi dan lemak darah, kencing manis dan lain sebagainya. Rumput laut dapat memberi protein dan keunggulan utamanya adalah agar penderita kencing manis tidak terserang penyakit komplikasi, dapat makan minum secara normal seperti orang biasa pada umumnya.

Penyakit radang maag juga dapat di atasi dengan rumput laut karena mengandung zat hijau daun dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat dapat memulihkan selaput lendir lambung.Penyakit hepatitis juga dapat di atasi dengan cara mengkonsumsi rumput laut secara teratur. Rumput laut dapat mencegah agar penyakit tersebut tidak berkembang biak, kandungan asam aminonya yang kaya dapat memulihkan sel hati dan kandungan alkali empedunya dapat memulihkan fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh.

Begitu hebatnya khasiat rumput laut bagi kesehatan tubuh manusia, hanya sayang masyarakat Indonesia belum begitu banyak memahami akan manfaat rumput laut ini. Perlu pengenalan lebih lanjut kepada masyarakat luas agar mereka tahu bahwa sebenarnya rumput laut sangat bermanfaat bagi tubuh.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow