0
31
0
6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh
2 weeks 'ago'

Tanaman ini bisa mengobati banyak penyakit!

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuhm.indiamart.com

Meniran merupakan tanaman yang tumbuh subur di di daerah lembap. Meniran umumnya tidak dipelihara karena dianggap tumbuhan liar dan sering dijumpai di sekitar kebun maupun semak-semak. Namun, ternyata tanaman ini khasiat yang luar biasa apabila kita rajin mengonsumsinya. Tanaman Meniran (Phyllanthus urinaria) mengandung senyawa flavon, hypophyllanthin, nirathin, dan nirterali yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Simak, yuk, beberapa manfaat meniran yang baik untuk kesehatan kita ini!

1. Mengobati rematik

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuhjointflex.com

Penyakit rematik bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ekstrak daun meniran. Kandungan senyawa antiinflamasi dapat mengurangi, bahkan menghilangkan nyeri sendi. Selain itu juga ampuh mengobati penyakit seperti rematik. 

2. Mengatasi penyakit batu ginjal

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuhstylecraze.com

Ekstrak meniran mengandung ion K yang dapat melarutkan batu empedu. Zat flovanoid yang ada juga dapat menangani asam urat. Meniran juga mengandung efek diuretik yang mendorong produksi urine kita. 

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuhdrtaylorwallace.com

Daun meniran menjadi tanaman herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena kaya akan kalium. Dengan mengonsumsi secara teratur, tekanan darah bisa kembali normal seperti semula.

4. Mengobati penyakit kuning dan jaringan hati

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuhayushology.com

Daun meniran mengandung antihepatoprotektif. Itu sebabnya meniran mampu menyembuhkan penyakit kuning dan memperbaiki jaringan hati yang sudah rusak.

5. Mengatasi penyakit kulit

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuhallure.com

Ekstrak daun meniran mengandung phyllanthin dan hypophillanthin yang digunakan untuk antibiotik alami. Tanaman ini pun mampu mencegah atau pun mengobati pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab penyakit pada kulit. 

6. Mengatasi kadar gula darah

6 Manfaat Meniran, Tumbuhan Liar yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuhindocare.in

Selain mampu mengobati penyakit kulit, hypophyllanthin dan phyllantin  yang terdapat dalam ekstrak daun meniran juga mampu mengatasi penyakit diabetes. Kandungan senyawa itu sendiri membantu mengontrol kadar gula darah. Daun meniran ini memberi pengaruh baik pada hipoglikemi. Jadi, tanaman ini bisa menjadi alternatif untuk penderita diabetes.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi daun meniran. Ternyata, tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow